Sabtu, 20 April 2024

Ini Sederet Penyakit yang Perlu Diwaspadai waktu Musim Hujan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi seseorang terpapar flu. Foto: Antara

Dokter Debora Aloina Ita Tarigan Medical Underwriter Sequis mengingatkan orang-orang mengenai sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai di musim hujan. Antara lain, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) berupa batuk, pilek, influenza, dan bronkitis.

Selain itu, ada juga penyakit yang disebabkan infeksi virus dari nyamuk Aedes Aegypti, yaitu penyakit Zika (Zika disease), Demam Berdarah Dengue (DBD), dan Chikungunya.

Sedangkan daerah yang banyak sampah dan terkena banjir, berisiko menyebabkan penyakit seperti patogen (bakteri, parasit, jamur).

“Kalau sampah mengontaminasi bahan makanan, makanan siap saji, atau air, maka ketika dikonsumsi dapat menghancurkan sel-sel tertentu pada tubuh dan menyebabkan penyakit demam tifoid, kolera, dan disentri juga hepatitis,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya dilansir Antara, Sabtu (15/10/2022).

Perubahan cuaca yang cukup ekstrem waktu musim hujan, sambung Debora, dapat menyebabkan suhu udara relatif lebih dingin.

Sehingga, tubuh manusia yang sensitif berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur, serta dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Itu yang membuat saat musim pancaroba seringkali orang menjadi sakit karena imunitas tubuh terganggu.

“Penyakit lainnya yang patut diwaspadai saat musim hujan yakni penyakit paru-paru basah. Kalau udara terlalu dingin, ruangan kurang mendapatkan cahaya matahari, dan sirkulasi/pertukaran udara kurang maka menyebabkannya menjadi lembap,” paparnya.

Seseorang yang terkena penyakit paru-paru basah bisa terdeteksi dengan pemeriksaan ke dokter spesialis paru. Caranya, melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan dahak, darah, x-ray paru, atau CT (Computer Tomography) untuk mendeteksi beberapa masalah paru.

“Jika ditemukan cairan menumpuk, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terjadi peradangan sel kanker atau infeksi melalui USG dada Ultrasound,” kata Debora.

Paru-paru basah yang tidak berat kemungkinan bisa sembuh dengan cepat. Sebaliknya, kalau sudah terinfeksi paru-paru basah tapi dibiarkan atau tidak diobati secara medis, maka penyakit dapat berkembang lebih berat dan serius. Pasien kerap membutuhkan bantuan ventilator pada perawatan Intensive Care Unit (ICU).

Pemasangan alat bantu pernapasan dilakukan karena salah satu gejala paru-paru basah adalah kesulitan bernapas atau sesak napas. Pada beberapa orang kondisi tersebut bisa membahayakan jiwa.

“Orang yang mengalami gejala paru-paru basah antara lain batuk kering dan demam, sulit bernafas saat berbaring, nyeri dada hingga terasa sesak nafas dalam jangka waktu yang panjang atau berulang. Makanya, jangan sampai kita abai, menebak-nebak, atau berusaha menyembuhkan sendiri. Semakin cepat dikenali, maka semakin cepat ditangani dokter dan mengurangi risiko penyakit semakin parah,” saran dia.

Debora menambahkan, setiap orang wajib memperhatikan kebersihan dalam rumah, memastikan kamar tidur memiliki ventilasi yang baik, disiplin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih serta menggunakan masker di lingkungan berpolusi atau bila dekat dengan orang yang sedang flu dan batuk.

“Sebaiknya orang-orang dapat membentengi diri dengan vaksin influenza dan vaksin pneumonia (vaksin PCV) karena virus penyakit itu bekerja dengan cara menginfeksi saluran pernapasan bagian atas dan menyebabkan pneumonia.(ant/tik/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs