Selasa, 30 April 2024

Pengurus AMSI Wilayah Jatim Dilantik

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pelantikan Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur Periode 2017-2020. Pelantikan pengurus ini berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/8/2018) pagi. Foto: Denza suarasurabaya.net

Sejumlah pemilik dan pemimpin media siber di Jawa Timur, menghadiri Pelantikan Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Jawa Timur Periode 2017-2020. Pelantikan pengurus ini berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Jumat (10/8/2018) pagi.

Selain pemimpin media siber, beberapa pejabat Pemerintah, TNI, Polri, juga perwakilan dari berbagai organisasi profesi turut hadir dalam pelantikan ini. Hadir pula Soekarwo Gubernur Jawa Timur dalam kegiatan pelantikan pengurus AMSI 2018.

Sebelum pelantikan, peserta mengikuti dialog tentang media siber dengan beberapa narasumber. Mereka antara lain Dwi Eko (Luki) Lokononto Dewan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Pusat. Selain itu juga ada Suko Widodo Akademisi dan Tya dari Persatuan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Surabaya.

Luki mengatakan, salah satu alasan berdirinya AMSI adalah keprihatinan insan media siber atas dampak luar biasa media sosial. Menurutnya, masih banyak masyarakat yang tidak bisa membedakan media sosial dengan Media Online atau siber.

Untuk itu, AMSI berkomitmen, setelah pelantikan ini, para pengurus akan memberikan pelatihan cek fakta. Salah satunya bekerja sama dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Hal lain yang menjadi perhatian AMSI adalah regulasi-regulasi pemerintah yang menghambat tumbuh kembang media siber di Indonesia.

Dia mencontohkan, aturan pemerintah yang mengharuskan calon kepala daerah beriklan ke media massa melalui KPU. Hal ini berakibat, para calon cenderung beriklan ke media sosial, bukan ke media siber atau media online.

Sementara Suko Widodo selaku akademisi dan pemerhati komunikasi massa mengatakan, saat ini masyarakat dunia, termasuk Indonesia, sudah sangat bergantung dengan alat komunikasi bernama telepon seluler. Untuk itu ia harapkan, AMSI bisa berperan memerangi dampak negatif dari ponsel dan media sosial. Misalnya dengan membentuk Dewan Komunikasi, yang mengupayakan antisipasi dampak buruk ponsel dan media sosial.

Dalam pelantikan pagi ini, Arief Rahman dilantik sebagai Ketua AMSI Jatim yang merupakan Pemimpin Redaksi lensaindonesia.com. Turut dilantik Iping Supingah redaktur suarasurabaya.net sebagai Wakil Sekretaris II AMSI Jatim. Pelantikan ini dilakukan oleh Dwi Eko Lokononto selaku Dewan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Pusat.(den/tin/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs