Jumat, 26 April 2024

Pakde Karwo Silaturahmi dengan Dubes RI untuk India

Laporan oleh Pratino Aditya Tama
Bagikan
Dr. H. Soekarwo Gubernur Jatim dijamu makan malam oleh Sidharto Reza Suryodipuro Dubes RI di New Delhi India, di Wisma KBRI, No.50-A, Kautilya Marg, Chanakyapuri, New Delhi, Delhi, Selasa (10/4/2018) malam. Foto: Humas Pemprov Jatim

Dalam rangkaian kegiatan promosi perdagangan, investasi, dan pariwisata di New Delhi, Dr. H. Soekarwo Gubernur Jatim dijamu makan malam oleh Sidharto Reza Suryodipuro Dubes RI di New Delhi India, di Wisma KBRI, No.50-A, Kautilya Marg, Chanakyapuri, New Delhi, Delhi, Selasa (10/4/2018) malam. Kunjungan gubernur bersama delegasi dari Jatim disambut ramah oleh dubes beserta isteri.

Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim menyampaikan apresiasinya kepada Sidharto Reza Suryodipuro dan jajaran dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan business forum Jawa Timur di India.

“Banyak pengusaha di India yang tertarik melakukan kerjasama ataupun berinvestasi dengan Jatim. Terlihat dari respon mereka saat bisnis forum. Ini tentunya tidak lepas dari peran serta Pak Dubes,” puji Pakde Karwo.

Seperti press release Humas Pemprov Jatim yang diterima oleh suarasurabaya.net, Rabu (11/4/2018), dalam kesempatan itu, Pakde Karwo juga senantiasa mengharapkan dukungan Sidharto Reza Suryodipuro Dubes RI dalam mempromosikan potensi perdagangan, investasi dan pariwisata Jatim kepada para pengusaha di India. Apalagi, Jatim memberikan government guarantee untuk investor berupa fasilitas perijinan, ketersediaan lahan, kecukupan energi listrik atau power plant, dan ketersediaan tenaga terampil.

Kunjungi Kementerian Perdagangan dan Industri India

Sementara itu, sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan di New Delhi, Gubernur Soekarwo juga melakukan kunjungan ke Departemen Kebijakan dan Promosi Industri Kementerian Perdagangan dan Industri India. Rombongan disambut oleh Mr. Ramesh Abhishek Sekretaris Departemen.

Tujuan pertemuan adalah diskusi mengenai ekonomi dan budaya, serta mempelajari kebijakan publik di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi. Menurut Pakde Karwo, kualitas produk India berkualitas sehingga bisa mengganti produk impor yang kurang bagus kualitasnya. Pakde Karwo juga memuji langkah India terutama dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penggunaan IT untuk mengembangkan perdagangan dan industri di India.

Dalam penjelasannya, Ramesh Abhishek mendukung keinginan Jatim agar para pengusaha India bisa lebih meningkatkan investasi dan perdagangannya di Jawa Timur. Alasannya, India ingin menjadikan para pebisnisnya berkelas dunia.

Untuk itu, India juga mendorong start up industri UMKM-nya menjadi berkelas dunia. Salah satunya, dilalui dengan memberikan pemahaman akan perlunya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Berbagai langkah dilakukan, antara lain melalui pemberiab dukungan terhadap pemasaran, capacity building dan pelatihan bagi kalangan UMKM ini. Selain itu, HaKI juga diajarkan di sekolah-sekolah. (ino/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs