Sabtu, 20 April 2024

KA Arjuno Ekspres Surabaya-Malang Diluncurkan, Penumpang Wajib Prokes

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
KA Arjuna Ekspres melintasi perlintasan rel. Foto: wikiwand

Mengakomodir kebutuhan masyarakat untuk moda transportasi yang aman, sehat dan nyaman di masa pandemi Covid-19, PT KAI luncurkan Kereta Api (KA) Arjuno Eskpres dari Stasiun Surabaya Gubeng tujuan Malang pergi pulan (PP) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.

Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, menyampaikan bahwa rangkaian KA Arjuno Ekspres relasi stasiun Surabaya Gubeng menuju Malang, dijadwalkan bakal dijalankan pada bulan Maret 2021, tepatnya pada tanggal 19, 20, 21, 22 Maret 2021.

Rangkaian KA Arjuno Ekspres terdiri dari 8 kereta eksekutif dan dengan kapasitas tempat duduk sesuai protokol kesehatan 280 penumpang, dengan rute pemberhentian di beberapa stasiun yaitu stasiun Sidoarjo, Lawang, dan berakhir di stasiun Malang.

“KA Arjuno Ekspres memiliki waktu tempuh dari Surabaya ke Malang kurang dari 2 jam. Hadirnya KA Arjuno Ekspres adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sebagai upaya peningkatan pelayanan transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” terang Luqman, Rabu (17/3/2021).

Guna mencegah penyebaran Covid-19, setiap pelanggan KA, lanjut Luqman wajib untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan tetap wajib juga mencuci tangan.

“KA Arjuno Ekspres merupakan kereta api lokal komersial. Sehingga pelanggan yang akan naik tidak perlu surat keterangan bebas Covid-19, namun penggunaan masker tetap wajib saat di dalam kereta dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket,” tambah Luqman.

Kereta Api Indonesia (KAI) berkomitmen untuk tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan Covid-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 pada moda transportasi kereta api.

KA Arjuno Ekspres berangkat dari stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 06.00, dan dengan waktu tempuh sekurangnya 1 jam 55 menit, kereta api ini akan berhenti di stasiun Sidoarjo pada sekitar pukul 06.25 dan kembali berangkat melanjutkan perjalanan pada pukul 06.29.

“Dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng pada 06.00 sedangkan waktu tempuh sampai di stasiun Malang sekitar 1 jam 55 menit, perkiraan kami, kereta akan sampai di Stasiun Lawang pada pukul 07.30 dan sekitar pukul 07.33 berangkat melanjutkan perjalanan, maka KA Arjuno Ekspres akan tiba di stasiun Malang pada pukul 07.55,” pungkas Luqman.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs