Senin, 3 Oktober 2022

Presiden Optimistis Sirkuit Mandalika Bisa Tumbuhkan Perekonomian NTB

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersiap mencoba Sirkuit Mandalika usai meresmikannya, Jumat (12/11/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Jumat (12/11/2021), meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, yang ada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Dengan adanya sirkuit bertaraf internasional, Presiden yakin akan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB.

Karena akan ada sejumlah ajang balap motor bergengsi di Sirkuit Mandalika. Antara lain Asia Talent Cup 2021, World Superbike, dan MotoGP tahun 2022.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi sesudah menjajal lintasan Sirkuit Mandalika bersama sejumlah menteri dan pebalap nasional.

“Sirkuit itu akan menumbuhkan titik-titik baru pertumbuhan dan menggerakkan perekonomian daerah. Sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika, dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB. Sekarang ink dicoba dulu World Superbike, dan nanti MotoGP. Kami evaluasi, dan nantinya akan kelihatan ke arah mana,” ujarnya.

Sekadar informasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi Asia Talent Cup 2021 tanggal 12-14 November 2021, lalu World Superbike pada 19-21 November 2021, dan MotoGP tanggal 18-20 Maret 2022.

Sirkuit Mandalika yang berada di kawasan ekonomi khusus, dikelola PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC merupakan bagian dari InJourney induk usaha (holding) Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di sektor pariwisata.

Balap motor World Superbike akan menjadi kegiatan pariwisata skala internasional pertama yang digelar Indonesia, di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mencegah klaster penularan Virus Corona, Presiden menginstruksikan jajarannya melakukan mitigasi, dan menerapkan protokol kesehatan ketat sepanjang rangkaian acara.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 3 Oktober 2022
29o
Kurs