Jumat, 19 April 2024

Harga Minyak Menguat Karena Dolar Jatuh Usai Kenaikan Kecil Bunga Fed

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Ilustrasi - Minyak mentah Brent untuk pengiriman November 2021 bertambah 0,68 dolar AS menjadi menetap pada 79,74 dolar per barel di London ICE Futures Exchange. Foto: Antara
Harga minyak naik sekitar dua persen ke level tertinggi pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena dolar merosot ke level terendah dalam enam minggu ini, setelah Federal Reserve AS memberikan kenaikan suku bunga kecil.
Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei terangkat 1,23 dolar AS atau 1,77 persen, menjadi menetap di 70,90 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Mei bertambah 1,37 dolar atau 1,82 persen, menjadi ditutup pada 76,69 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. Itu adalah penutupan tertinggi untuk kedua harga acuan minyak mentah sejak 14 Maret.

The Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persentase poin, tetapi mengindikasikan bahwa bank hampir menghentikan kenaikan lebih lanjut dalam biaya pinjaman di tengah gejolak baru-baru ini di pasar keuangan yang dipicu oleh runtuhnya dua bank AS.

“Kenaikan suku bunga 25 poin hari ini oleh Fed tidak memberikan kejutan tetapi bahasa yang menyertainya mendorong beberapa peningkatan selera risiko yang dengan mudah tumpah ke ruang minyak,” analis di perusahaan konsultan energi Ritterbusch and Associates mengatakan kepada pelanggan dalam sebuah catatan.

Dolar AS jatuh ke level terendah sejak 2 Februari terhadap sekeranjang mata uang lainnya, mendukung permintaan minyak karena membuat minyak mentah lebih murah bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Para analis dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan penarikan 1,6 juta barel. Tetapi data resmi EIA menunjukkan kenaikan yang lebih kecil dari kenaikan 3,3 juta barel yang dilaporkan pada Selasa (21/3/2023) oleh American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri.

“Kami hanya memiliki banyak minyak mentah dalam penyimpanan dan itu tidak akan hilang dalam waktu dekat,” kata Bob Yawger di Mizuho seperti dikutip Antara.

Stok minyak mentah AS telah meningkat sejak Desember, meningkatkan persediaan ke level tertinggi sejak Mei 2021. Persediaan bensin dan sulingan, sementara itu, turun minggu lalu lebih dari perkiraan para analis.

Harga WTI dan Brent pekan lalu turun ke level terendah sejak 2021 di tengah kekhawatiran gejolak sektor perbankan dapat memicu resesi global dan memangkas permintaan minyak.

Sementara itu, organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya seperti Rusia, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, kemungkinan akan tetap berpegang pada kesepakatannya tentang pengurangan produksi sebesar 2 juta barel per hari (bph) hingga akhir tahun, meskipun harga minyak mentah turun, tiga delegasi dari kelompok produsen mengatakan. (ant/rst)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs