Selasa, 21 Mei 2024

Jamaah Calon Haji Kloter 1 Embarkasi Surabaya Mulai Diberangkatkan

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Para jamaah calon haji kloter 1 embarkasi Surabaya sudah mulai diberangkatkan di Bandara Juanda. Foto: dok. suarasurabaya.net

Para jamaah calon haji kloter 1 embarkasi Surabaya sudah mulai diberangkatkan dari asrama haji Sukolilo Surabaya, Selasa (9/8/2016). Proses pemberangkatan jamaah sudah dimulai usai sholat Subuh.

Sebanyak 445 jamaah calon haji ditambah 5 petugas kloter berkumpul di aula Bir Ali lantai 2.

Pelepasan para jamaah haji dilakukan langsung oleh Syaifullah Yusuf wakil Gubernur Jawa Timur bersama Mahfud Shodar Kepala Kanwil Kementrian Agama Jawa Timur dan KH Abdussomad Buchori Ketua MUI Jawa Timur.

Mengawali sambutannya, Gus Ipul menyebutkan lima jamaah calon haji kloter 1 Sumenep yang gagal berangkat tahun ini. Diantaranya karena meninggal dunia, istrinya sakit sehingga suami juga tidak jadi berangkat dan satu jamaah calon haji yang belum divaksin meningitis sehingga keberangkatannya diundur 10 hari setelah divaksin.

Gus Ipul juga menyampaikan sejumlah tips dan motivasi agar para jamaah calon haji tetap bersemangat mengikuti proses mulai awal sampai selesai, menjaga kesehatan dan fokus pada ibadah.

Sambil bercanda, Gus Ipul juga mengingatkan agar jamaah jangan lupa ngopi kalau ada waktu.

Pantauan suarasurabaya.net, sekarang masih proses pembagian paspor dan nomor kursi pesawat. Masing-masing jamaah calon haji dipanggil satu persatu. Petugas langsung memasukkan paspor beserta nomor kursi pesawat ke bagian depan tas paspor untuk mencegah paspor terselip.

Proses keimigrasian juga dilakukan langsung di asrama haji Sukolilo Surabaya sehingga begitu sampai di bandara internasional Juanda, rombongan diarahkan langsung masuk pesawat Saudi.

Jika proses ini selesai diperkirakan sebelum pukul 08.30 WIB rombongan jamaah haji kloter 1 embarkasi Surabaya dari Sumenep ini bisa bertolak ke bandara Juanda.

Ada 11 bus yang disiapkan untuk mengangkut para jamaah calon haji. rute yang akan dilewati, skenario pertama keluar asrama haji konvoi melewati Manyar Kertoarjo, Pucang, Ngagel Jaya Selatan, Jemursari, Kendangsari masuk tol Brebek Industri menuju bandara Juanda.

Skenario kedua keluar asrama haji Sukolilo Surabaya konvoi lewat Merr Jalan Ir Sukarno, panjang jiwo, Jemursari, Kendangsari masuk tol Brebek menuju bandara Juanda. (edy/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
29o
Kurs