Jumat, 19 April 2024

Visa dari Kerajaan Saudi Masih Jadi Persoalan Tiap Musim Haji

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ilustrasi

Banyak calon jemaah haji yang sekarang ini terkendala masalah visa. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji dari Embarkasi Surabaya mengaku, kalau persoalan itu biasa terjadi di saat musim haji.

“Meski semua persyaratan yang diminta Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia sudah dipenuhi, kita tidak bisa berbuat banyak mengenai visa untuk calon jemaah haji,” kata Sakur Ketua Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surabaya, Kamis (11/8/2016).

Sakur berdalih, kalau persoalan visa, semuanya itu ada pada kewenangan Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia. Yang bisa dilakukannya hanya koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Pasalnya, Kemenag yang selalu melakukan komunikasi dengan kedutaan mengenai perkembangan visa calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

“Kita hanya bisa lakukan koordinasi saja untuk menanyakan, apa permasalahan mengenai visa itu saja. Kita tidak bisa mengintervensi,” tegasnya.

Sakur menambahkan, hingga sekarang dari total 28.356 jemaah haji dengan 320 petugas pendamping haji daerah, visa yang selesai sudah mencapai 19 ribu.

“Sebelumnya 14 ribu, sekarang sudah 19 ribu. Nanti malam kalau tidak ada halangan visa akan datang lagi,” ujarnya.

Sementara itu, dari 28.356 jemaah dengan 310 petugas itu terdiri dari Jawa Timur 27.323 jemaah, 310 pendamping haji, Kemudian dari Bali 512 jemaah, 5 pendamping, dan dari Nusa Tenggara Timur 521 jemaah dengan 5 petugas pendamping haji. (bry/rid/ipg).

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs