Jumat, 29 Maret 2024

a-LINEA 8 Didapuk Menyanyikan Lagu Ciptaan Panglima di NJTF

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
a-LINEA 8. Foto: a-LINEA 8

a-LINEA 8, band baru bergenre pop rock, akan menyayikan lagu ciptaan Laksda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Komando Armada II TNI Angkatan Laut  di Navy Jazz Traffic Festival (NJTF).

Nanda Cahyadi Pribadi gitaris a-LINEA 8 mengatakan, suatu kehormatan bagi a-LINEA 8 untuk membawakan single berjudul VNR yang ditulis oleh Panglima Komando Armada II.

“Selain VNR, kami akan membawakan lagu kami dan lagu populer,” kata Nanda kepada panitia NJTF pada Jumat (6/5/2022).

Nanda menjelaskan, a-LINEA 8 terbentuk pada bulan Maret 2020, saat awal pandemi Covid-19.

Tiga anggotanya berprofesi sebagai ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Mereka adalah Nanda Cahyadi Pribadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Labbaika Nugroho Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan Yusuf Wibowo Camat Sawangan.

Nama band a-LINEA 8 terinspirasi dari alinea karya sastra yang menggambarkan buah pikiran penulis. Sedangkan angka delapan berasal dari penjumlahan angka angkatan lulusan STPDN yaitu 05, 09, dan 12. Jika ketiga bilangan dijumlah sama dengan 26. Kemudian dua ditambah enam diperoleh angka delapan.

“Kami bertiga ingin menuangkan secara konsisten pikiran dan pesan melalui karya musik. Lalu angka delapan menggambarkan kesinambungan karya musik, persahabatan, silaturahmi, kekeluargaan, kesehatan, dan rejeki. Terus berlanjut, tidak terputus, serta ikut berpartisipasi dalam memajukan musik Indonesia,” kata Nanda.

Sampai saat ini a-LINEA 8 telah membuat 11 single dan yang telah dirilis sebanyak 10 single. Single pertamanya yang dirilis pada Juli 2020 berjudul “Garis Kisah”. Lagu ini mengisahkan tentang kondisi kehidupan pada awal pandemi Covid 19.

“Kami berharap lagu-lagu a-LINEA 8 dapat diterima oleh masyarakat,” kata Nanda.

a-LINEA 8 akan tampil bersama sederet musisi papan atas dan lokal di Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) pada 14 Mei 2022 mendatang yang digelar Koarmada II TNI AL bekerja sama Suara Surabaya Media. Setiap pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan saat memasuki area Villa Navy Residence, Lawang, Kabupaten Malang

Musisi yang tampil di antaranya Reza Artamevia, Barry Likumahuwa & The Rhythm Service, Syaharani & Queenfireworks, Padi Reborn, Tulus, Dewa 19 feat Virzha, juga Pavoiseren band Koarmada II.

Selain konser musik nantinya Navy Jazz Traffic Festival akan menghadirkan berbagai kegiatan lain, yakni gelar produk UKM Jawa Timur, pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Puspenerbal, dan demonstrasi penerjunan pasukan khusus Kopaska TNI AL Koarmada II.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs