Rabu, 24 April 2024

Perkuat Silaturahmi, Diskominfo Jatim Gelar Buka Bersama dengan Belasan Pemimpin Redaksi Media

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Suasana buka puasa bersama Diskominfo Jatim, KPID Jatim, Pimred dan Kepala Biro Media di Jawa Timur, di Suara Surabaya Center, Senin (4/1/2024). Foto: Chandra suarasurabaya

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur menggelar acara buka puasa bersama (bukber) dalam Forum Kemitraan Media dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dihadiri oleh sejumlah pemimpin redaksi media, kepala biro media, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur di Suara Surabaya Center, Senin (1/4/2024).

Sherlita Ratna Dewi Agustin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur menjelaskan, alasan utama diadakan acara ini adalah sebagai ajang silaturahmi serta penguatan kemitraan antara Kominfo Jatim bersama rekan-rekan media dan lembaga penyiaran.

Dia juga membeberkan bahwa kegiatan ini menjadi penting karena salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan masukan terkait evaluasi kinerja Kominfo selama ini.

“Kemudian yang kedua, karena rekan-rekan media ini setiap hari memberikan informasi kepada masyarakat, sehingga Diskominfo Jatim, bersama rekan-rekan media terutama lembaga penyiaran sama-sama memiliki niat baik, untuk memberikan layanan berita yang berkualitas kepada masyarakat. Nah hal ini penting untuk saling memberikan masukan dan saling memberi koreksi satu sama lain,” ujar Sherlita kepada suarasurabaya.net.

Acara buka bersama ini, lanjut dia, merupakan wujud dari kerja sama yang erat antara media, lembaga penyiaran, dan Diskominfo Jatim dalam membangun sinergi yang positif.

“Sebenarnya yang membuat senang itu, kami mempunyai kepedulian yang sama terkait kualitas informasi untuk masyarakat Jawa Timur,” ucapnya.

Diskominfo Jatim, KPID Jatim, sejumlah Pemred dan Kepala Biro Media di Jawa Timur, di Ruang Siaran Radio Suara Surabaya, Senin (4/1/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Pada kesempatan yang sama, Eddy Prastyo Pemimpin Redaksi Suara Surabaya mengatakan event ini akan menjadi agenda rutin, mengingat hanya dalam forum ini rekan media bersama dengan lembaga penyiaran dan Kominfo bisa berdiskusi dan memecahkan permasalahan informasi dan komunikasi di Jawa Timur.

“Ini pertemuan pertama, tapi bukan yang terakhir. Tadi ada salah satu usulan, untuk agenda pertemuan berikutnya berdasarkan momen. Dalam forum diskusi hari ini ada beberapa ide dan gagasan yang menarik juga untuk dijalankan. Selain itu, ini menjadi kewajiban kita sebagai media terhadap publik,” ucap Eddy.

Sebetulnya, lanjut dia, acara ini merupakan salah satu fungsi kolaborasi dan juga penguatan media yang dilakukan oleh Diskominfo Jatim.

Lebih lanjut, Sherlita berharap, ke depan komunikasi Diskominfo Jatim dengan para pimpinan redaksi media dan kepala biro media bisa berjalan dengan baik. Karena hal ini sejalan dengan peningkatan kualitas pemberitaan serta untuk kepentingan masyarakat yang ada di Jawa Timur.

“Karena kami ini seperti simbiosis mutualisme, teman-teman pemred tentu membutuhkan informasi dari pemprov, terkait hal-hal pembangunan dan lain sebagainya. Dan kami, juga membutuhkan teman-teman pemred untuk menyebarkan atau diseminasi informasi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, acara ini dihadiri oleh Imanuel Yosua Tjiptosoewarno Kepala KPID Jawa Timur, Ismed Jauhar Ketua PRSSNI Jawa Timur, serta Pimpinan Redaksi dan Kepala Biro dari berbagai media di Jawa Timur, yang terdiri dari Suara Surabaya Media, SCTV-Indosiar, TV One, RRI Surabaya, Radio Elshinta Surabaya, JTV, Kompas TV Jawa Timur, TVRI Jawa Timur, CNN Jawa Timur, iNews RCTI, TV9 Nusantara, Jawa PosTV, Jawa Pos, Metro TV, Harian Disway, dan ANTARA. (ike/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs