Kamis, 25 April 2024

Syafruddin Resmi Jadi Wakapolri, Ini Profil Singkatnya

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jendral Polisi Tito Karnavian Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) bersama Komjen Pol Syafruddin yang baru dilantik menjadi Wakapolri. Foto : Faiz suarasurabaya.net

Pelantikan Komjen Pol Syafruddin menjadi Wakapolri yang bertempat di Gedung Rupatama Mabes Polri, Sabtu (10/9/2016), dipimpin langsung oleh Jendral Polisi Tito Karnavian Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Pengangkatan Komisari Jendral Polisi (Komjen Pol) Syafruddin berdasarkan surat Keputusan Kapolri nomor Kep/917/IX/2016 tanggal 9 September 2016 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri serta Surat Perintah Kapolri nomor Sprin/1839/IX/2016 tanggal 10 September 2016.

Syafruddin dilantik menggantikan Jenderal Pol Budi Gunawan yang saat ini telah menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN).

Hadir dalam pelantikan ini,Jenderal Pol Budi Gunawan Kepala Badan Intelijen Negara, para Perwira Tinggi dan Menengah Polri serta beberapa tamu undangan dari Kompolnas maupun DPR RI.

Syafruddin lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan 14 April 1961, dan memulai dinas di Polri pada tahun 1985. Syafruddin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada tahun 2004, ia pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden RI pada masa pemerintahan SBY-JK .

Kemudian akhir 2009, dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut, lalu Kapolda Kalimantan Selatan, Kadiv Propam Polri, hingga Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol). (faz/tit)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs