Selasa, 7 Mei 2024

Setelah Ruang Publik di Keputih, Tahun Depan Giliran Surabaya Utara

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Risma dan perwakilan UCLG ASPAC mengamati denah pembangunan Ruang Publik Kreatif di Eks Pembakaran Sampah TPA Keputih. Foto: Denza suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengatakan, setelah pembangunan ruang publik di Surabaya Timur tuntas, giliran Surabaya Utara yang akan memiliki ruang publik.

Pemkot Surabaya bersama United Cities and Local Government Asia Pasific (UCLG ASPAC) akan membangun sebuah taman di kawasan Tanah Kali Kedinding, Surabaya Utara.

“Desainnya dibantu UCLG. InsyaAllah tahun depan kita bangun. Kalau itu taman biasa. Di sana sudah ada lahan sekitar 1.000 meter persegi,” katanya saat groundbreaking Ruang Publik Kreatif di lahan eks insinerator Keputih, Jumat (11/8/2017).

Sebelumnya diberitakan, Pemkot Surabaya bersama UCLG ASPAC dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meletakkan batu pertama pembangunan Ruang Publik Kreatif di lahan eks insinerator TPA Keputih, hari ini.

Ruang publik dengan nilai Rp4 miliar itu akan dibangun di lahan seluas 55 hektare. Pemkot memutuskan untuk mempertahankan bangunan insinerator yang sempat terbengkalai.

Bangunan gedung itu akan dialihfungsikan menjadi taman yang terhubung dengan Taman Harmoni di Keputih. Risma mengatakan, berencana menghubungkan kedua taman dengan sebuah jembatan.

Adapun dana pembangunan ini, kata Risma, merupakan bantuan dari UCLG ASPAC. Rencananya, Risma juga akan meminta bantuan anggaran dari Kementerian PUPR.

Tidak hanya taman, di ruang publik ini juga akan tersedia aula utama, parkir sepeda, ruang kreatif, water playground, lapangan basket, food court, ruang komunitas terbuka, galeri pendidikan, ruang pertunjukan, taman baca, toilet ramah disabilitas, dan taman mural.

Pembangunan Ruang Publik Kreatif di Keputih ini ditargetkan tuntas akhir 2017 mendatang.(den/dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs