Jumat, 19 April 2024

Pagi Ini, Jalan Baru MERR II C-Gunung Anyar Mulai Diuji Coba

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Jalur baru MERR II C arah Gunung Anyar akan diuji coba, Kamis (9/5/2019) pagi ini. Foto: Capture Instagram @dishubsurabaya

Jalur baru di Surabaya, Middle East Ring Road (MERR) II C arah Gunung Anyar akan diuji coba, Kamis (9/5/2019) pagi ini.

“Ini kami bersama Polsek Rungkut, Dinas PU dan Polrestabes. Semua sudah siap di sini, jam 7 pagi ini mulai uji coba,” kata Irvan Wahyu Drajat Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Irvan mengatakan, jalan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi beban jalan Ahmad Yani sekitar 60 persen yang padat pada sore hari

“Kepadatan kemungkinan nantinya sesudah jembatan. Warga Sidoarjo yang rumah sisi timur kayaknya akan memanfaatkan jalur ini. Nanti sore akan kami pantau ketat. Kalau pagi ini, belum banyak yang menggunakan,” ujar Irvan pada Radio Suara Surabaya.

Lebar jalan baru ini, kata Irvan, sepanjang 11 meter atau setara 3 lajur. Untuk jalan yang sisi barat sekitar 250 meter masih dalam tahap penyelesaian.

“Kalau dibuka juga yang arah sebaliknya dari Sidoarjo ke MERR II C, beban tentu lebih berat. Kami akan siapkan manajemen lalu lintas yang lebih matang,” katanya.

Irvan menjelaskan, kendaraan dari MERR II C bisa masuk lurus saja di traffic light Rungkut Madya. Rambu-rambu sudah dipasang.

“Kami juga akan banyak sosialisasi ke warga kampung sekitar Gunung Anyar supaya tidak ada yang melawan arus. Kita akan siagakan petugas di jalan-jalan akses untuk antisipasi kendaraan melawan arus. Kurang lebih butuh 1 bulan kita konsisten sosialisasi. Sesudah 1 bulan sosialisasi, kita akan tindak yang melawan arus,” ujarnya.

Kata Irvan, karena jalan baru ini belum masuk Google Maps, pihaknya berharap kecepatan maksimal 40 km/jam jarena jalannya mulus dan lempeng. “Termasuk saya tekankan lagi, jangan melawan arus,” pungkasnya. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs