Selasa, 11 Agustus 2020

Gubernur Kepri Positif Covid-19 Usai Dilantik di Istana, Kasetpres: Presiden Tidak Kontak Langsung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Isdianto Gubernur Kepri mengambil dokumen Keppres pelantikannya, disaksikan Jokowi Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) menegaskan, prosesi pelantikan Gubernur Kepulauan Riau yang digelar hari Senin (27/7/2020), menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dia juga bilang, Sekretariat Presiden meminimalkan kontak langsung antara Jokowi Presiden dan dengan Isrianto yang akan dilantik.

Pernyataan itu merespon kabar terkait kondisi kesehatan Isdianto yang positif Covid-19.

“Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keputusan Presiden tentang pelantikan Gubernur Kepri, tapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Pak Isdianto. Lagi pula, Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu. Artinya, kami sudah melaksanakan dan menjaga protokol kesehatan ketat,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Selain itu, lanjut Heru, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, utamanya selama prosesi pelantikan berlangsung seperti memakai masker dan jaga jarak.

“Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kasetpres menjelaskan, pihaknya sudah melakukan uji swab kepada Isdianto, keluarganya, serta pejabat terkait yang hadir pada waktu pelantikan.

“Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta,” tandasnya.

Sekadar informasi, Jokowi Presiden melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Acara pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Jokowi, Isdianto, dan seluruh tamu yang hadir memakai masker. Jumlah tamu yang datang juga dibatasi dan ada aturan menjaga jarak fisik.(rid/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Selasa, 11 Agustus 2020
27o
Kurs