Sabtu, 20 April 2024

Gubernur Kepri Positif Covid-19 Usai Dilantik di Istana, Kasetpres: Presiden Tidak Kontak Langsung

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Isdianto Gubernur Kepri mengambil dokumen Keppres pelantikannya, disaksikan Jokowi Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) menegaskan, prosesi pelantikan Gubernur Kepulauan Riau yang digelar hari Senin (27/7/2020), menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dia juga bilang, Sekretariat Presiden meminimalkan kontak langsung antara Jokowi Presiden dan dengan Isrianto yang akan dilantik.

Pernyataan itu merespon kabar terkait kondisi kesehatan Isdianto yang positif Covid-19.

“Bapak Presiden tidak langsung menyerahkan Keputusan Presiden tentang pelantikan Gubernur Kepri, tapi sudah disiapkan di satu meja, tidak jauh dari berdirinya Pak Isdianto. Lagi pula, Gubernur Kepulauan Riau mengambil sendiri berkas itu. Artinya, kami sudah melaksanakan dan menjaga protokol kesehatan ketat,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Selain itu, lanjut Heru, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Kepresidenan, utamanya selama prosesi pelantikan berlangsung seperti memakai masker dan jaga jarak.

“Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kasetpres menjelaskan, pihaknya sudah melakukan uji swab kepada Isdianto, keluarganya, serta pejabat terkait yang hadir pada waktu pelantikan.

“Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Gubernur Kepulauan Riau, keluarga, dan pejabat terkait pada saat hadir dilakukan swab di Jakarta,” tandasnya.

Sekadar informasi, Jokowi Presiden melantik Isdianto sebagai Gubernur Kepulauan Riau sisa masa jabatan 2016-2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Acara pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Jokowi, Isdianto, dan seluruh tamu yang hadir memakai masker. Jumlah tamu yang datang juga dibatasi dan ada aturan menjaga jarak fisik.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs