Rabu, 25 November 2020

Sadar Prokes, Untag Buat Video Peringatan Sumpah Pemuda

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Beberapa mahasiswa tampil menyampaikan pentingnya makna persatuan Indonesia memakai beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia.

Para mahasiswa ini melengkapi diri dengan pakaian adat tradisional masing-masing daerah, lalu mengucapkan sumpah pemuda dan makna persatuan secara lugas dan tegas.

Video berdurasi tak sampai 60 detik itu ditampilkan dengan latar belakang warna merah darah, yang menjadi satu di antara warna favorit kampus Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Ditayangkan pada kanal YouTube video pendek tersebut merupakan satu di antara karya-karya yang dihasilkan oleh tim produksi Humas Untag Surabaya. Kali ini di masa pandemi Covid-19 peringatan Sumpah Pemuda satu di antaranya dengan meluncurkan video pendek tersebut.

Karolin Rumanjo kepala Humas Untag Surabaya menyampaikan bahwa sampai saat ini pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) tetap menjadi fokus dilingkungan kampus Untag Surabaya.

“Kami sadar akan protokol kesehatan. Kami tetap coba hindari kerumunan. Menjaga jarak. Karena itu, kami produksi satu video yang memang secara khusus melibatkan mahasiswa asal beberapa daerah di Indonesia. Sumpah Pemuda tetap kami peringati tapi dengan bentuk berbeda, ” terang Karolin, Rabu (28/10/2020).

Semangat Sumpah Pemuda yang diikrarkan oleh para pemuda pendiri bangsa 92 tahun silam, seakan ditampilkan kembali oleh 5 perwakilan mahasiswa Untag Surabaya yang berasal dari Surabaya, Palangkaraya, Makassar, Nusa Tenggara Timur dan Nias. Mereka ini menjadi potret generasi milenial Indonesia yang memiliki semangat Sumpah Pemuda.

Ditambahkan Karolin, setiap tahun kampus Untag selalu menggelar kegiatan dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda. Biasanya mengajak serta mahasiswa terlibat berbagai kegiatan.

“Tahun ini, seiring masih belum usainya pandemi Covid-19, maka kami punya cara berbeda untuk tetap memperingati Sumpah Pemuda. Ini penting dipahamkan pada mahasiswa tentang persatuan, ” pungkas Karolin. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Surabaya
Rabu, 25 November 2020
28o
Kurs