Jumat, 19 April 2024

7 Hal yang Mempermudah Mencapai Tujuan di Masa Depan Meski Pandemi Belum Selesai

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Pixabay

Pandemi yang tak kunjung usai membuat semua rencana yang sudah dirancang menjadi serba tidak pasti. Bahkan sebagian orang mengalami kesulitan memotivasi diriya sendiri.

Meski sulit, penting untuk tetap merencanakan tujuan di masa depan adalah penting.

Carole Ann Rice, konsultan, seperti dikutip dari Mirror.co.uk mengatakan akan tiba saatnya semua menjadi normal kembali. “Jangan anggap apa yang Anda rasakan akan terus berjalan seperti ini,” ujarnya.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa merencanakan masa depan:

1. Tujuan yang realistis

Tetapkan tujuan-tujuan yang dapat dicapai. Anda mungkin harus menunda atau bersabar, tapi yang terpenting Anda masih mungkin mencapai tujuan-tujuan itu. “Duduk dan tinjau lagi, ingat apa dan mengapa Anda menginginkan tujuan itu,” kata Carole.

2. Target kecil

Ubahlah tujuan ambisius Anda menjadi batu loncatan yang lebih kecil dan terjangkau. Dr Martina Paglia dari The International Psychology Clinic mengatakan, mulailah selangkah demi selangkah. Target-target kecil yang dapat membawa Anda mencapai tujuan-tujuan besar.

3. Bebaskan tekanan

Roo Davies, konsultan bisnis menyarankan untuk fokus pada apa yang ingin Anda rasakan, apa yang ingin Anda capai. Ubah tujuan menjadi niat. Bagi sebagian orang, berkomitmen pada niat terasa kurang menakutkan daripada menetapkan tujuan.

4. Libatkan orang terkasih

Mewujudkan rencana masa depan menjadi lebih mudah ketika kita memiliki seseorang yang kita cintai. Mungkin Anda memiliki tujuan bersama, bisa mengerjakannya bersama, dan saling mendukung, mendorong motivasi Anda.

5. Hidup lebih sederhana

Sebuah survei di Inggris baru-baru ini menunjukkan bahwa 91 persen orang Inggris tidak ingin semuanya kembali seperti sebelum pandemi. Alasannya, mereka ingin melihat perubahan pribadi atau sosial yang mereka alami selama pandemi.

Anda tidak perlu terburu-buru mencapai tujuan. Penting untuk tetap fleksibel dan menerima bahwa sementara waktu segala sesuatunya mungkin berjalan lambat. Namun, tidak ada yang salah dengan itu.

6. Konsisten

Pertahankan rutinitas meski banyak hal terasa sedikit kacau. Kedisiplinan dalam adaptasi kebiasaan baru saat ini berguna untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional.

7. Sikap positif

Pertahankan target dan rencana yang luas. Chartered Portia Hickey, psikolog mengatakan, semakin Anda menerima ketidaktahuan atas apa yang akan terjadi di masa depan, semakin mudah bagi Anda untuk menetapkan tujuan dengan pola pikir positif.(berbagai/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs