Jumat, 26 April 2024

Bincang Strategi untuk Bangkitkan Industri Pangan dan Perikanan di Unitomo

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Daring soal solusi jitu di masa pandemi Covid-19 dibahas Fakultas Pertanian Unitomo. Foto: Humas Unitomo

Fakultas Pertanian Universitas Dr Soetomo (Unitomo) mengajak mahasiswa menemukan solusi di masa Pandemi Covid-19 dalam webinar “Kupas Strategi Jitu Industri Pangan dan Perikanan Bangkit Menghadapi Era Pandemik Covid-19″.

Achmad Kusyairi Dekan Fakultas Pertanian Unitomo menyampaikan, kegiatan webinar itu dia harapkan bisa memberikan alternatif solusi kepada peserta dalam menghadapi situasi sulit ini.

“Melalui para narasumber yang dihadirkan, kami harapkan muncul solusi-solusi jitu melakukan pengembangan produk pangan dan perikanan sesuai kebutuhan di kondisi pandemi ini,” katanya, Sabtu (21/8/2021).

Achmad Kusyairi menambahkan, kegiatan itu mendatangkan Kejora Handarini, Dosen Teknologi Pangan FP bersama Arif Susena, Market Packaging Safety and Compliance Manager PT. Nestle Indonesia-Head Office Jakarta, Sukesi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unitomo, serta Achmad Choiron, Dosen Fakultas Teknik Unitomo sebagai narasumber.

“Para pakar ini kami hadirkan agar memberikan wawasan dan solusi bagaimana kita semua bisa survive di tengah situasi sulit ini,” tambah Achmad Kusyaeri.

Sementara itu, Arif Susena, satu di antara narasumber menyampaikan, untuk mempertahankan dan mengembangkan industri dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pangan dan perikanan pelaku usaha harus memerhatikan keamanan pangan dan pengemasan.

“Untuk pencapaian keamanan pangan yang kita inginkan, maka ada beberapa solusi yakni berupa aplikasi melalui Good Manufacturing Practices, Sanitasi, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), serta agar lebih kuat lagi dengan mengusahakan sertifikasi Halal dan ISO 22000,” kata Arif Susena.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs