Jumat, 26 April 2024

Dua Mesin Apheresis Baru Perkuat Layanan Donor Plasma di PMI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Petugas PMI Surabaya mengoperasionalkan mesin Apheresis baru. Foto: Totok suarasurabaya.net

Unit donor darah (UDD) PMI Surabaya, Selasa (28/12/2021) menerima dua unit mesin Apheresis baru, yang dipastikan bakal memperkuat layanan bagi masyarakat yang akan mendonorkan plasma.

“Tentunya hal ini akan sangat berarti dan penting bagi PMI Surabaya khususnya di unit donor darah karena dua mesin Apheresis baru tersebut sangat membantu layanan pada masyarakat,” terang Hendro Gunawan Ketua PMI Surabaya, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Permintaan Nihil, 1.000 Kantong Lebih Plasma Konvalesen Tersedia di UDD PMI Surabaya

Tidak lupa Hendro juga menyampaikan penghargaan serta apresiasi pada dua perusahaan yang telah memberikan bantuan mesin Apheresis tersebut.

“Tentunya kami sampaikan apresiasi serta penghargaan pada PT Matahari Sakti dan PT Sinar Indogreen Nusantara yang telah memberikan mesin Apheresis bagi PMI Surabaya,” tambah Hendro.

Pada kesempatan tersebut, PT Matahari Sakti sebanyak memberikan dua mesin Apheresis kepada PMI Surabaya, dan PT Sinar Indogreen Nusantara menyerahkan satu unit  untuk PMI Sidoarjo. Dan dengan tambahan itu, PMI Surabaya memiliki total 9 unit mesin Apheresis.

dr. Wandai Rasotedja Kabag Humas dan Layanan UDD PMI Surabaya menegaskan bahwa penambahan mesin Apheresis tersebut akan sangat membantu tugas donor dan layanan bagi masyarakat khususnya terkait kebutuhan donor plasma.

“Termasuk untuk layanan donor plasma konvalesen. Mesin baru ini akan sangat membantu,” kata dr. Wandai.

Baca juga: Kantong Plasma Konvalesen Belum Datang, Skrining Pendonor Dihentikan Sementara

Namun demikian, lanjut Wandai meskipun ada penambahan mesin baru, hingga hari ini UDD PMI Surabaya masih belum membuka layanan donor plasma konvalesen dari masyarakat.

“Belum ada penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasma konvalesen. Dan stok kami masih cukup banyak, ” kata Wandai.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs