Selasa, 30 April 2024

Indonesia akan Mendapat Bantuan Vaksin Covid-19 dari Pemerintah Prancis

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sebanyak 1,4 juta dosis Vaksin Covid-19 Sinopharm, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/7/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengungkapkan, dalam waktu dekat Indonesia akan mendapat bantuan Vaksin Covid-19 dari Pemerintah Republik Prancis.

Menurut Retno, bantuan sebanyak tiga juta dosis vaksin itu hasil komunikasinya dengan Jean-Yves Le Drian Menteri Luar Negeri Prancis, beberapa waktu lalu.

Dalam keterangan pers virtual, siang hari ini, Kamis (5/8/2021), Menlu RI bilang, vaksin bantuan Prancis akan dikirim bertahap mulai akhir Agustus 2021.

“Tahap pertama rencananya Pemerintah Prancis akan mengirim sekitar 1,3 juta dosis vaksin,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Retno menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Prancis atas komitmen dukungan vaksin untuk penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Dengan tambahan vaksin dari berbagai sumber, Menlu optimistis Pemerintah Indonesia bisa mempercepat program vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19 dan angka fatalitas.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri RI, per tanggal 1 Agustus 2021, Indonesia sudah menerima 178.3 juta dosis vaksin Covid-19, terdiri dari 144,7 juta dosis curah, dan 33,6 juta vaksin jadi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 19,7 juta dosis bantuan gratis dari program berbagi vaksin global COVAX Facility di bawah organisasi kesehatan dunia (WHO) dan aliansi vaksin GAVI.

Seperti diketahui, Joko Widodo Presiden menargetkan bulan Agustus 2021 penyuntikan vaksin mencapai dua juta dosis per hari.

Presiden menginstruksikan TNI, Polri, kementerian/lembaga bersama organisasi kemasyarakatan ikut melaksanakan vaksinasi massal.

Data Kementerian Kesehatan, per hari Rabu (4/8/2021), Penduduk Indonesia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 48,4 juta orang.

Sementara penduduk yang sudah menerima vaksin dosis kedua baru sekitar 21,9 juta orang dari target penerima vaksin sebanyak 208 juta orang.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs