Jumat, 26 April 2024

Ini Tema Hardiknas 2021, Instansi dan Sekolah di Zona Hijau dan Kuning Boleh Upacara Bendera

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
upacara-hari-pahlawan-di-kemendikbud Ilustrasi. Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan di Kantor Kemendikbud, Jakarta. Foto: kemendikbud.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar” sebagai tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021. Ada berbagai kegiatan yang digelar Kemendikbud untuk memeriahkan Hardiknas.

“Keluarga besar Kemendikbud mengajak kepada seluruh warga satuan pendidikan di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi memeriahkan Hardiknas 2021 sebagai bentuk dukungan bagi transformasi bidang pendidikan dan kebudayaan,” ujar Hendarman Pelaksana Tugas (plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud dalam keterangan tertulis di situs Kemendikbud, Sabtu (1/5/2021).

Mengawali peringatan Hardiknas itu, pada hari ini, Sabtu (1/5/2020), Kemendikbud bersama Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan para pegiat pendidikan dan kebudayaan telah menyelenggarakan kegiatan ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Indonesia yang tanggal lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Besok, Minggu (2/5/2021), Kemendikbud akan melaksanakan upacara bendera secara tatap muka, terbatas, dan menerapkan protokol kesehatan di kantor Kemendikbud mulai pukul 08.00 WIB dipimpin langsung oleh Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berdasarkan keterangan resmi tertulis di situs Kemendikbud tersebut, instansi pusat, daerah, satuan pendidikan (sekolah), serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri yang ada di zona hijau dan kuning risiko penularan Covid-19 diperkenankan menyelenggarakan upacara bendera memperingati Hardiknas 2021.

Namun, sama seperti yang digelar di Kantor Kemendikbud di Jakarta, upacara bendera di kantor-kantor di zona hijau dan kuning itu harus dilaksanakan secara terbatas, minimalis, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemendikbud pun merekomendasikan aktivitas atau kegiatan memperingati Hardiknas Tahun 2021 secara kreatif untuk membangkitkan semangat belajar di masa pandemi Covid-19, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pada hari yang sama, besok, pada pukul 16.00 WIB, Kemendikbud akan menayangkan program Hardiknas yang berisikan siniar (podcast) inspiratif bersama Joko Widodo Presiden dipandu Nadiem Makarim Mendikbud Ristek. Sejumlah artis seperti Andmesh, Yura Yunita, Gamaliel, Sivia, On Frame Dancers serta Paduan Suara Pelajar akan meramaikan acara itu.

Tayangan Siniar Hardiknas 2021 itu bisa disaksikan di TV Edukasi yang mengudara melalui satelit Telkom Merah Putih dan kanal YouTube Kemendikbud RI. Siniar serupa bersama narasumber seluruh pejabat Eselon I Kemendikbud juga akan ditayangkan pada hari berikutnya sampai dengan 19 Mei 2021.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs