Selasa, 16 April 2024

Malaysia Kerahkan 55.000 Polisi Selama Full Lockdown

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Hamzah Zainudin Menteri Dalam Negeri (KDN) Malaysia. Foto: Antara

Pemerintah Malaysia mengerahkan 55.000 anggota Polisi Diraja Malaysia (PDRM) sepanjang pelaksanaan full lockdown mulai 1 Juni hingga 14 Juni mendatang.

“Sebelumnya kekuatan polisi 37 ribu orang,” kata Hamzah Zainudin Menteri Dalam Negeri (KDN) Malaysia dalam jumpa pers di Putrajaya, Sabtu (29/5/2021).

“Menyusul pengumuman pelaksanaannya di seluruh negara selama 14 hari mulai 1-14 Juni, dia memastikan, Kementerian Dalam Negeri (KDN) telah mengambil langkah-langkah tambahan untuk memastikan aspek penegakan dan kepatuhan SOP secara efektif,” katanya.

KDN juga telah menggerakkan sebanyak 15.000 anggota lagi dari lembaga-lembaga yang lain sehingga menjadikan jumlah kekuatan keseluruhan menjadi 70.000 anggota.

“Walau bagaimanapun, KDN bersedia untuk menambah jumlah anggota jika diperlukan melalui PDRM, Imigrasi (JIM), Maritim Malaysia (APMM), relawan (RELA), ESCOMM dan lain-lain,” katanya seperti dilansir Antara.

Selain itu KDN melalui PDRM juga akan meningkatkan jumlah blokade jalan atau Sekatan Jalan Raya (SJR) di seluruh negara kepada lebih 800 SJR dibanding hampir 600 SJR pada saat sekarang.

“Sidak juga akan dilaksanakan oleh Tim Pemantauan Pematuhan SOP dengan kerja sama kementerian dan lembaga pemerintah terkait,” katanya.

Jumlah penugasan Tim Pemantauan Pematuhan SOP tersebut akan ditingkatkan menjadi 20.000 orang anggota dibanding sebelumnya 13.795 orang.

“Pemeriksaan juga akan melibatkan kawasan di luar kota dan lokasi-lokasi yang menjadi tumpuan orang banyak berkumpul,” katanya.

Departemen Imigrasi (JIM) dan PDRM juga akan meningkatkan operasi penegakan hukum secara terpadu di kawasan-kawasan penempatan warga asing di seluruh negara.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
33o
Kurs