Selasa, 28 September 2021

Menkes Klaim Berhasil Menyuntikkan 700 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 per Hari

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Salah satu awak media yang menerima vaksinasi di kantor Pemprov Jatim pada Sabtu (13/3/2021). Foto: Aini Suara Surabaya

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mengatakan, Program Vaksinasi Nasional berhasil mencapai target 700 ribu dosis vaksin Covid-19 per hari.

Pada hari Kamis (17/6/2021), penyuntikan menembus 716 ribu dosis per hari, di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Budi Gunadi, peningkatan itu bisa terjadi berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara Kemenkes, Pemerintah Daerah, TNI dan Polri.

“Bapak Presiden minggu yang lalu meminta agar kami bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mencapai angka 700 ribu dosis vaksin di bulan ini. Kami sampaikan angka 716 ribu sudah tercapai hari Kamis kemarin,” ujarnya usai rapat kabinet secara virtual, Senin (21/6/2021).

Dengan pencapaian itu, Menkes optimistis bulan Juli 2021, penyuntikan bisa bertambah lagi mencapai satu juta dosis per harinya.

“Alhamdulillah kami bekerja sama terus, berkomunikasi dengan Panglima TNI dan Kapolri. Insyaallah kita percaya dan yakin angka satu juta vaksin per hari bisa tercapai di awal bulan depan sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” tegas Menkes.

Sebelumnya, Joko Widodo Presiden menargetkan bulan ini program vaksinasi massal bisa mencapai 700 ribu dosis tiap hari Lalu, bulan depan targetnya meningkat jadi satu juta dosis.

Untuk mencapai target itu, Presiden memerintahkan TNI dan Polri ikut membantu proses vaksinasi.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi massal Covid-19.

Targetnya, vaksin diterima 181 juta orang di seluruh Indonesia, untuk menciptakan kekebalan kelompok terhadap virus corona.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, per tanggal 20 Juni 2021, penduduk yang sudah menerima suntikan vaksin sebanyak 23 juta.

Dari jumlah tersebut, tercatat baru sekitar 12 juta orang yang mendapat dua kali suntikan vaksin.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs