Kamis, 18 April 2024

Plasma Konvalesen Nol, Permintaan Belum Terlayani di PMI Surabaya Dekati Angka Lima Ratus

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Sampai Selasa (29/6/2021) plasma konvalesen di PMI Surabaya nol. Kosong. Permintaan yang belum terlayani hingga kini sudah mendekati angka lima ratus.

“Beberapa hari yang lalu memang ada kegiatan donor darah dan screenning plasma konvalesen. Tapi dari kegiatan tersebut, darah bertambah, sayangnya plasma konvalesen masih belum terjadi peningkatan signifikan dengan kebutuhan permintaan. Sampai hari ini plasma konvalesen masih kosong, ” terang dr. Martono Adi Kabag Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, Selasa (29/6/2021).

Sampai menjelang pukul 12.00, Selasa (29/6/2021) ini, PMI Surabaya mencatat permintaan plasma konvalesen yang belum teelayani mulai merambat naik mendekati angka 500. “Totalnya sudah 480 permintaan plasma konvalesen yang belum teelayani. Sudah mendekati 500, ” tambah Martono.

Sedangkan permintaan plasma konvalesen dari masyarakat yang sudah terlayani sampai dengan Senin (28/6/2021) tercatat sekitar 54 permintaan. “Permintaan dan perolehan plasma konvalesen sangat tidak signifikan. Dari total lebih dari 400 permintaan itu, hanya sekitar 54 saja yang terlayani, ” kata Martono.

Oleh karena itu, Martono menambahkan bahwa kehadiran para penyintas Covid-19 untuk melakukan donor darah di PMI Surabaya. “Karena selain untuk memberikan layanan permintaan plasma konvalesen, kami juga berharap stok untuk plasma konvalesen bisa terjaga, ” ujar Martono.

Sementara itu, ditambahkan Martono bahwa pada minggu belakangan ini memang terjadi pertambahan permintaan plasma konvalesen dari masyarakat. “Bahkan beberapa hari yang lalu kami sempat mencatat sekitar 100 permintaan plasma konvalesen dalam sehari. Sekarang sudah lebih dari 400 permintaan plasma konvalesen, ” pungkas Martono. (tok/iss/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs