Sabtu, 8 Mei 2021

Vaksinasi Lansia di Jambangan Diatur Per Kelompok

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Katini, 72 tahun, warga Jambangan Selatan saat menjalani vaksinasi di Puskesmas Kebonsari, Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Vaksinasi Covid-19 untuk lansia dan petugas pelayanan publik di Kota Surabaya digelar Selasa (23/2/2021) pagi.

Di wilayah Kecamatan Jambangan misalnya, ratusan lansia secara bergelombang menjalani vaksinasi di Puskesmas Kebonsari.

Dokter Reyner Kepala Puskesmas Kebonsari menyebut, sasaran vaksinasi lansia di wilayah Kecamatan Jambangan adalah 459 orang. Proses vaksinasi dijadwalkan dua hari.

“Ada 459 sasaran dibagi dua hari, hari ini 230 lansia, besok 229 lansia,” ujar Reyner ditemui di sela vaksinasi di Puskesmas Kebonsari.

Reyner bilang, untuk mengurangi kerumunan proses vaksinasi dilakukan bergelombang sesuai kelompok paguyuban lansia yang dikoordinasikan.

“Kami koordinasikan kelompok lansia melati misalnya jam berapa, kita atur begitu. Biar tidak terjadi kerumunan antrean,” katanya.

Pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Puskesmas Kebonsari, Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Reyner mengaku untuk menghindari kerumunan, sebagian petugas pelayanan publik Kecamatan Jambangan dan personel Polsek tidak dibarengkan dengan lansia. Mereka ebih dulu dilakukan vaksinasi, Senin (22/2/2021) kemarin sore.

“Petugas Kecamatan Jambangan dan Polsek Jambangan ada 118 orang. Sebagian sudah kami vaksinasi sore kemarin begitu vaksin tiba,” katanya.

Teknis vaksinasi gelombang kedua ini tidak jauh berbeda dengan gelombang pertama. Para lansia harus dilakukan skrining lebih dulu sebelum dilakukan vaksinasi.

Agar vaksin tidak terbuang percuma, vaksinasi juga dilakukan per kelompok 10 orang, karena satu vial vaksin bisa untuk 10 dosis.

Petugas vaksinasi menyiapkan vaksin untuk lansia di Puskesmas Kebonsari, Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Katini (72) Jambangan Baru Selatan mendapat giliran pertama dilakukan vaksinasi di Puskesmas Kebonsari. Setelah lolos skrining, Katini langsung menjalani vaksinasi.

“Sakit sebentar pas disuntik, selanjutnya tidak terasa,” kata Katini.

Sekadar diketahui, secara total kuota Kota Surabaya mendapat 12.480 vial vaksin. Karena satu vial bisa untuk 10 dosis, maka jumlah itu bisa digunakan untuk 124.800 sasaran.

Namun untuk percepatan, Pemkot Surabaya untuk tahap awal akan memberikan vaksinasi kepada sekitar 45 ribuan terlebih dahulu. Sebab, distribusi vaksin baru diterima Pemkot Surabaya sebesar 4.500 vial.

Vaksinasi 45 ribu sasaran itu akan selesaikan 26 ribuan untuk lansia. Sisanya 19 ribuan untuk pelayanan publik. (bid/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 8 Mei 2021
30o
Kurs