Rabu, 24 April 2024

Elizabeth Ingin Camilla Jadi Permaisuri Saat Charles Jadi Raja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Elizabeth Ratu Inggris (kiri) dan Camilla, Duchess of Cornwall, tiba dengan menggunakan kereta kuda di Ascot Racecourse di Ascot, Inggris, pada 19 Juni 2019. Foto: Action Images via Reuters

Camilla, Ratu Inggris Elizabeth menginginkan istri Pangeran Charles, untuk diangkat sebagai Queen Consort (permaisuri) jika nantinya Charles dilantik sebagai raja.

Keinginan itu diungkapkan Elizabeth pada Sabtu dalam sepucuk surat yang ia tulis untuk menandai 70 tahun dirinya bertakhta.

“(Ini) adalah harapan tulus saya bahwa, ketika saatnya tiba, Camilla akan dikenal sebagai Queen Consort saat dia melanjutkan pengabdiannya yang setia,” kata Elizabeth seperti dilansir Antara.

Pernyataan tersebut akan memperkuat posisi Camilla di jantung keluarga kerajaan setelah dia sempat dihakimi sebagai “orang luar”.

Soal peringatan 70 tahun bertakhta, Elizabeth mengatakan momen itu menjadi kesempatan untuk merenungkan kesetiaan dan kasih sayang yang ditunjukkan kepadanya oleh publik Inggris.

Dia berharap Charles dan Camilla akan menerima dukungan yang sama.

Charles dan Camilla, kekasih lama, menikah pada 2005 dalam sebuah upacara sipil di Windsor.

Clarence House, dari kantor kediaman pasangan tersebut, mengatakan Charles dan Camilla merasa “tersentuh dan merasa terhormat dengan kata-kata yang diungkapkan oleh Yang Mulia”.

Langkah Elizabeth itu mencerminkan perkembangan bahwa status Camilla sebagai seorang bangsawan semakin diterima.

Tabloid-tabloid tidak lagi mencerca Camilla seperti yang mereka lakukan pada dekade setelah kematian istri pertama Charles, Putri Diana, pada 1997.

Camilla, yang gelarnya saat ini adalah Duchess of Cornwall, sekarang secara teratur bersama Charles menjalankan tugas resmi mewakili keluarga kerajaan.

Sepanjang sejarah Inggris, istri seorang raja biasanya diberi gelar Queen of Consort.

Namun pada saat mereka menikah, keputusan resmi dikeluarkan bahwa Camilla akan menggunakan gelar yang lebih rendah yaitu Princess of Consort jika Charles menjadi raja.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs