Jumat, 26 April 2024

Erick Thohir Beri Perhatian Khusus pada Kesejahteraan Lansia Jatim

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Para lansia peserta fashion show HLUN berfoto dengan Erick Thohir Menteri BUMN di Kantor BKKKS Jatim, Sabtu (4/6/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Momen Hari Lanjut Usia Nasional yang digelar di Gedung Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial (BKKKS) Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022), dihadiri oleh Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam kesempatan itu, Erick mengajak semua pihak untuk memberikan perhatikan khusus demi kesejahteraan lansia.

Secara data, Ia mengatakan total penduduk di Indonesia saat ini berjumlah 273 juta orang, dengan 55 persen di antaranya berusia di bawah 35 tahun atau masih tergolong muda. Namun, dalam jangka panjang mereka juga akan menjadi lansia.

“40 tahun lagi, seperti piramida, yang sekarang anak muda pasti juga akan jadi lansia,” ujar Menteri BUMN.

Selain itu, lanjut Erick, BUMN saat ini juga memikirkan untuk mensinergikan Program UMKM BUMN dan Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk para lansia. Program pinjaman tanpa agunan (jaminan) yang dinilai penting bagi para lansia agar memiliki usaha secara mandiri.

Sejauh, program tersebut sudah berjalan dengan 12,7 juta nasabah ibu-ibu se-Indonesia.

“Dapat pinjaman tanpa agunan bisa buat beli kompor untuk usaha,” ujarnya

Selain itu, kehadiran Menteri BUMN dalam kesempatan tersebut sejatinya untuk mendukung program kerjasama PLN dengan BKKKS Jatim dalam membantu penyambungan listrik. Hal itu diawali dengan penyerahan Surat Layak Operasional (SLO) kepada kantor BKKKS Jatim yang disaksikan langsung oleh Erick.

Pemberian surat itu, kedepannya juga diharapkan bisa memiliki manfaat untuk para lansia. “Apalagi PLN juga punya program kompor listrik, atau uang hasil pinjaman itu untuk beli mesin cuci baju,” ujarnya.

Sebagai informasi, Menteri BUMN hadir dalam kegiatan tersebut sekitar pukul 11.30 WIB, dan disambut meriah oleh sekitar 500 lansia warga Surabaya Raya yang sebelumnya mengikuti serangkaian lomba, mulai dari parikan, fashion show, dan line dance yang diselenggarakan oleh BKKKS Jatim. (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs