Kamis, 29 Februari 2024

Puncak Libur Nataru, Lalu Lintas di Kota Batu Padat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi kendaraan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Kepadatan arus lalu lintas sudah terlihat di ruas jalan menuju Kota Batu, Jawa Timur saat liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Ipda M. Huda Kanit Turjawali Polres Batu mengatakan bahwa kendaraan sudah padat merayap di Exit Tol Karanglo menuju Kota Batu sejak pukul 09.00 WIB. Peningkatan itu diisi oleh warga luar kota yang ingin berwisata ke Kota Batu.

“Hari ini menjadi puncak kedatangan para wisatawan yang masuk ke Batu,” ucapnya saat dikonfirmasi Radio Suara Surabaya, Sabtu (24/12/2022).

Untuk mengurai kepadatan volume kendaraan, kata dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Malang terkait pengalihan arus lalu lintas. Salah satunya jalur yang sempat mengalami tanah longsor.

“Pengendara roda empat bisa menggunakan jalur sisi utara mengarah ke Kota Batu yang sempat mengalami longsor. Jalur itu sudah diperbaiki sehingga bisa dilintasi kendaraan roda empat,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia juga mengimbau kepada pengguna jalan yang mengarah ke utara Alun-Alun Kota Batu, seperti Selecta atau Baloga, sekitar Bumiaji dapat melintasi lurus saja dari Polsek Karang Ploso.

Apabila ke arah Jatim Park 3, BNS, dan Jatim Park 2 bisa melewati jalur Polsek Karang Ploso tekuk kiri.

“Jadi ada dua jalur dari exit tol Karanglo menuju Kota Batu agar kendaraan tidak menumpuk di satu jalur,” kata Ipda M. Huda.

Ipda M. Huda menambahkan, pengguna jalan yang menuju ke Jatim Park 2 dapat melewati Pos PAM pengamanan Pendem belok kiri kemudian ke arah selatan. Jadi tidak padat di tengah.

Sementara yang menuju ke arah Jatim Park 3 dan alun-alun dapat melawati jalan utama Kota Batu.

Dia mengatakan, pemberlakuan jalan one way di alun-alun sudah diterapkan. Jadi sebelum masuk ke alun-alun, pengguna jalan diarahkan belok ke kiri, kemudian perempatan belok kanan Jalan WR Supratman.

Selain itu, pemberlakuan buka tutup jalan juga diterapkan di alun-alun saat menjelang sore sampai malam hari. Hal ini mengingat wisatawan sudah memadati lokasi tersebut dan tempat parkir yang sangat batas sehingga harus diarahkan ke tempat parkir lain.

Dia juga mengatakan bahwa arus lalu lintas yang menuju lokasi wisata masih bisa terurai. Namun, kepadatan volume kendaraan terlihat dari Karang Ploso sampai pertigaan Simpang Arhamud sampai Pendem.(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Kamis, 29 Februari 2024
31o
Kurs