Sabtu, 4 Mei 2024

BPBD Gresik Tegaskan Video Viral Tanggul Jebol yang Genangi Tol Adalah Hoaks

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar video hoaks banjir di depan gerbang tol. Foto: Hadi Supeno via WA Suara Surabaya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Jawa Timur tegaskan bahwa video viral di grup-grup whatsapp warga yang menampilkan banjir di depan gerbang tol merupakan hoaks.

Darmawan Kepala Pelaksana BPBD Gresik mengatakan pihaknya sudah melakukan penelusuran hingga Jawa Tengah mengonfirmasi bahwa peristiwa yang ditampilkan di video tersebut bukan di Gresik.

“Sudah kami cek, sudah kami telusuri, pintu tol yang sesuai dalam video tersebut tidak kami temukan,” tegas Darmawan.

Diketahui, dalam video tersebut menampilkan peristiwa banjir hingga mampu menghanyutkan mobil-mobil yang mengantri masuk tol disertai caption “tanggul Brantas jebol daerah Driyorejo dan Menganti terimbas banjir”.

Ia mengatakan, untuk saat ini, terkait dengan penanganan tanggul anak Kali Lamong yang jebol sudah diupayakan perbaikan.

“Kami bekerja bersama dengan masyarakat dan juga jajaran terkait, terutama yang ada rembesan-rembesan itu kami lakukan penambalan dengan glangsing atau terpal. Camat dan pemerintah desa setempat juga sangat mobile mengecek untuk menghindari hal yang lebih fatal. Ada rembesan dikit langsung kami tangani,” jelasnya

Darmawan juga memberikan informasi kondisi terkini terkait banjir di sejumlah wilayah Gresik kepada Radio Suara Surabaya pada Kamis (23/2/2023) siang.

Ia menjelaskan, sampai saat ini masih ada beberapa wilayah di Gresik yakni Kecamatan Cerme dan Kecamatan Menganti yang masih digenang air. Sedangkan, ia menambahkan, untuk wilayah Driyorejo saat ini masih digenang air sedikit.

“Untuk wilayah Cerme dan Menganti masih ada beberapa desa (yang banjir), seperti Morowudi saat ini akses jalan kami tutup karena imbas luapan Kali Lamong. Sementara ini, diadakan pengaturan lalu lintas di pertigaan Morowudi dan pertigaan Boboh,” terangnya.

Darmawan menambahkan, di wilayah perumahan dan perkampungan Desa Boboh sempat dilakukan penyedotan air, namun karena debit air Kali Lamong yang masih tinggi hal tersebut tidak maksimal.

“Debit air Kali Lamong sudah mencapai tertinggi selama ini, info dari teman-teman perbatasan Balongpanggang dengan Dawar, Mojokerto sudah ada penurunan meskipun lambat. Semoga tidak terjadi hujan di wilayah hulu,” Darmawan.

Untuk wilayah Driyorejo, Darmawan mengatakan, ketinggian banjir variatif, terutama di desa Driyorejo wilayah paling selatan yang berhimpit dengan Kali Mas genangan banjir mencapai 10-20 cm.

Terkait dengan tempat pengungsian untuk warga terdampak banjir, ia menerangkan, ada beberapa titik penampungan di balai RW, masjid, mushala, dan rumah doa yang bisa digunakan sebagai pengungsian warga sekitar.

“Untuk masalah makanan, kami mendirikan beberapa dapur umum dan akan ditambahkan lagi di wilayah Menganti dibantu oleh Dinas Sosial Pemerintah Provinsi,” tutupnya.(ihz/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
25o
Kurs