Minggu, 5 Mei 2024

Pemerintah Evaluasi Bebas Visa Berdasarkan Timbal Balik hingga Keamanan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/8/2023). Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menyebut pemerintah akan mengevaluasi pemberian bebas visa kunjungan masuk berdasarkan tiga hal yakni reciprocity (timbal balik), kebermanfaatan, dan keamanan.

“Dulu kita ada bebas visa kunjungan untuk 159 negara ditambah 10 negara ASEAN. Ini nanti akan dievaluasi berbasis tiga hal, yaitu reciprocity (timbal balik), kebermanfaatan, dan keamanan,” kata Sandiaga dilansir Antara pada Selasa (1/8/2023).

Sandiaga menyatakan, pemerintah akan melakukan evaluasi selama sebulan mendatang. Evaluasi tersebut bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan.

Menurutnya, masih banyak peluang agar sektor pariwisata Indonesia dapat tumbuh secara berkualitas dan berkelanjutan.

Pemerintah ingin wisatawan yang datang ke Indonesia adalah wisatawan yang dapat memberikan dampak terhadap perekonomian seperti membuka lapangan usaha dan lapangan kerja.

“Ekonomi bergerak, dan tentunya jumlah lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif makin meningkat,” ujarnya.

Ke depannya, Indonesia menargetkan dengan lama kunjungan di atas tujuh hari dan melakukan belanja dengan pengeluaran 1.000 dolar AS per wisatawan.

Sedangkan terkait kebijakan Golden Visa, Sandiaga mengatakan bahwa saat ini kebijakan tersebut masih dalam tahap finalisasi.

“Peraturan Pemerintahnya akan difinalisasi dan segera akan diselesaikan nanti setelah mendapatkan persetujuan dari Presiden,” ujar Sandiaga. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs