Jumat, 29 Maret 2024

Perkuat Kebhinnekaan, Koarmada II Rayakan Imlek di Dermaga Madura 2 Ujung Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pertunjukkan seni barongsai di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya, dalam rangka memperingati tahun baru Imlek, Selasa (31/1/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ribuan anggota kapal dan staff Komando Armada (Koarmada) II rayakan tahun baru Imlek di Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya pada Selasa (31/1/2023).

Laksamana Muda TNI T.S.N.B Hutabarat Panglima Koarmada II mengatakan, perayaan itu diadakan sebagai bentuk pengenalan kepada seluruh armada tentang budaya Imlek dan Cap Go Mei.

“Jadi, agar mereka mengerti bahwa ada budaya yang berbeda dan Bhinneka Tunggal Ika itu ada di bangsa ini,” ucapnya sesuai kegiatan perayaan.

Karena menurutnya, Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya untuk dipahami, tetapi juga untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa acara tersebut juga sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Pada intinya, saya ingin mengaplikasikan sila ketiga dari Pancasila, yaitu persatuan Indonesia,” ungkapnya.

Dalam perayaan Imlek itu, diawali dengan olahraga bersama, yakni dengan melakukan senam pagi menggunakan pakaian berwarna merah.

Kemudian melakukan baris berbaris dan dilanjutkan dengan pertunjukan seni, yang mana dalam penampilannya menghadirkan musik dari Koarmada, seni bela diri, dan seni barongsai.

Di penghujung acara ditutup dengan kuis seputar tahun baru imlek sekaligus pembagian hadiah angpao dari pemenang kuis.

“Jadi, mereka saya kenalkan tentang apa itu Imlek dan kita sama-sama tadi merayakan imlek dengan versi kita, kurang lebih seperti itu,” pungkasnya.(ris/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs