Minggu, 28 April 2024

Polrestabes Surabaya Jaring 15 Pengendara Mabuk Minggu Dini Hari

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya waktu menggelar Operasi Keselamatan Semeru di Jalan Gubernur Suryo, Minggu (12/2/2023) dini hari. Foto: Humas Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya menggelar Operasi Keselamatan Semeru di Jalan Gubernur Suryo pada Minggu (12/2/2023) dini hari tadi. Total ada 30 anggota polisi yang diterjunkan dalam giat itu.

Dari operasi tersebut ada 15 orang ketahuan mengendarai mobil dalam keadaan pengaruh alkohol, saat mereka dites memakai alat alcohol breath analyzer.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya menyampaikan, 15 pengendara mobil yang terjaring operasi tersebut turut diberikan peringatan, edukasi dan imbauan.

“Ada satu pengendara roda empat yang diantarkan pulang oleh petugas, karena kondisi mabuk berat dan dapat membahayakan,” kata Arif, Minggu (12/2/2023).

Usai menggelar operasi tersebut, Arif menjelaskan kalau masih banyak ditemui pengunjung hiburan malam yang memaksakan diri untuk pulang dalam keadaan mabuk.

Menurutnya, itu disebabkan kurangnya ketegasan pengelola tempat hiburan malam untuk mengimbau tamunya yang mengkonsumsi alkohol, agar tidak berkendara sendiri pada saat meninggalkan lokasi. Selain itu, juga kurangnya fasilitas jasa antar.

“Hal ini juga menunjukkan minimnya edukasi terkait lalu lintas,” imbuhnya.

Arif melanjutkan, selain menjaring 15 pengemudi mobil di bawah pengaruh alkohol, operasi yang digelar sejak pukul 02.00 WIB hingga 03.30 WIB itu juga menjaring tujuh pelanggar sepeda motor.

Untuk penindakan kepada pengendara roda dua itu, ditujukan kepada mereka yang berknalpot brong, spion tidak lenggap, dan tidak menggunakan helm.

Kemudian, Arif menyebut hasil evaluasi Operasi Keselamatan Semeru dini hari tadi adalah perlu digiatkannya kegiatan serupa secara rutin, di lokasi-lokasi yang dekat dengan tempat hiburan malam.

“Serta perlu dilakukan diskusi dan sosialiasi kepada asosiasi pengelola tempat hiburan malam terkait peran serta dan tanggung jawab terhadap resiko berkendara di bawah pengaruh alkohol,” pungkas Arif. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs