Jumat, 3 Mei 2024

KBS Hadirkan Sejumlah Atraksi untuk Hibur Pengunjung Selama Libur Lebaran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Salah seorang pengunjung yang memberi makan rusa di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu (7/2024). Foto: azwa magang suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan hadirkan sejumlah atraksi wisata untuk menghibur pengunjung pada libur lebaran.

Berbagai atraksi tersebut di antaranya Reog Ponorogo, Bantengan “Putra Kaswangga”, Jaranan, dongeng satwa, talk with animals, hingga mendatangkan dua bintang tamu Irenne Ghea dan Maretha Primadani.

Lintang Ratri Sunarwidhi Kepala Seksi Humas KBS menyebut, sejumlah atraksi dan penampilan spesial tersebut ditampilkan pada 10-21 April 2024.

“Pada 10 April akan ada penampilan Reog Ponorogo. Kemudian pada 13 April akan dihadirkan dua guest star spesial kita. Lalu untuk 14 April akan ada kesenian khas Kediri, Bantengan Putra Kaswangga,” kata Lintang saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (7/6/2024).

Selama periode lebaran tersebut, setiap harinya juga ada giveaway bagi para pengunjung KBS yang hadir. Yang dibuka mulai jam 07.30 WIB hingga 16.00 WIB dengan harga tiket Rp15.000 per orang.

Sedangkan spesial pada 21 April, bagi pengunjung yang menggunakan baju Kartini akan mendapatkan doorprize sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dia menambahkan, jumlah pengunjung selama Ramadan tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar lima hingga sepuluh persen.

“Kalau hari ini kita berhasil mencapai sekitar 1.200 pengunjung. Namun untuk hari H lebaran biasanya memang tidak terlalu ramai karena banyak dari masyarakat yang mudik tapi kita berharap bisa lebih tinggi dibandingkan tahun kemarin,” ujar Lintang.

Dia memprediksi puncak pengunjung KBS pada periode libur lebaran akan jatuh di tanggal 14 April 2024, saat masa arus balik mudik Lebaran dimulai.

“Untuk tahun kemarin pada masa libur lebaran, puncak pengunjung ada sekitar 150.000 dan kami berharap di tahun ini ada peningkatan 100 persen,” sebutnya.

Sebagai upaya antisipasi pengunjung yang membludak, KBS akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Angkatan Darat untuk membantu penertiban pengunjung hingga alur parkir.

“Alur parkir KBS selama masa libur lebaran, para pengunjung bisa memantau melalui media sosial kami, Instagram @kebunbinatangsurabaya. Disana sudah kami sediakan barcode yang nantinya akan ada peta untuk rute parkir,” jelasnya.

Dia menjelaskan, nantinya untuk roda dua saja yang bisa parkir di dalam KBS. Sedangkan, kendaraan roda empat akan diarahkan parkir di Terminal Joyoboyo.

Sementara terkait maraknya parkir liar yang ada di sekitaran KBS, Lintang mempertegas bahwa hal tersebut bukan menjadi kewenangan KBS melainkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dan kepolisian. Namun, pihak KBS bisa membantu untuk pelaporan.

“Jika pengunjung ada yang melihat orang yang melakukan parkir liar, Anda bisa memfoto lalu kirim melalui DM di media sosial kami. Nanti akan kami bantu untuk menindaklanjuti dengan melaporkan kepada pihak kepolisian agar para “preman” itu mendapatkan punishment. Karena jika tidak ada laporan tertulis, maka mereka hanya akan dapat pembinaan saja setelah itu balik lagi,” tegasnya. (azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs