Minggu, 28 April 2024

Target Pengunjung Tidak Tercapai, KBS Evaluasi Termasuk Soal Tarif Mahal Jukir Liar

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Antusias masyarakat menyaksikan satwa jerapah di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada Senin (1/1/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) bakal mengevaluasi jumlah pengunjung selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tidak mencapai target.

Sebelumnya, targetnya ada 500.000 pengunjung selama libur Nataru selama sembilan hari mulai 24 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Lintang Ratri Sunarwidhi Kepala Seksi Humas KBS menyebut, akumulasi seluruh pengunjung Nataru hanya 172.000 orang. Meski menurutnya capaian itu sudah melebihi periode yang sama tahun lalu.

“Tahun lalu, yang jelas kalau dari hariannya masih banyak tahun ini. (Selisihnya) mencapai 20.000-an,” kata Lintang dihubungi suarasurabaya.net, Rabu (3/1/2024).

Lintang menyebut penargetan 500.000 itu untuk memotivasi karyawan lebih maju.

“Sebenarnya KBS agenda sendiri untuk mencapai itu total dalam satu tahun, itu kami mencoba untuk melebihi dari target yang sudah ditentukan dari pemkot,” paparnya.

Beberapa faktor penyebab pengunjung tidak mencapai target, Lintang menduga salah satunya karena cuaca tak menentu.

“Salah satunya cuacanya, itu juga menjadi evaluasi kita berikutnya, apakah promosi kita yang kurang, atau karena segala sesuatu yang di luar kehendak kita,” katanya.

Penuhnya parkir saat pengunjung membludak, juga dievaluasi dengan mengetatkan pengarahan pengunjung pindah parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

“Artinya mereka melihat penuh, mereka juga putar balik,” imbuhnya.

Termasuk keberadaan jukir liar yang masih ada diupayakan tidak menghalangi pengunjung parkir ke TIJ.

“Artinya begini, tahun ini kita sudah tambahi dengan penunjuk arah itu dengan barcode supaya pengunjung tidak termanipulasi dengan para preman-preman itu, tapi apakah itu efektif atau tidak itu yang akan kita evaluasi. Jika tidak efektif apa yang akan kita lakukan, itu yang akan kita evaluasi,” bebernya.

Termasuk tarif mahal jukir liar terhadap para pengunjung yang tidak kebagian parkir di area dalam KBS.

“Nah itu yang akan kita evaluasi kembali, semoga ke depannya kordinasi kita lebih baik lagi, sehingga tidak terjadi hal demikian,” tandasnya.

Sebelumnya, ada 10 orang jukir dan joki liar KBS yang diamankan Satpol PP dan Dishub Surabaya karena ketahuan menarik pengunjung saat libur Nataru dengan tarif hingga Rp50 ribu. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs