Minggu, 28 April 2024

Klenteng Pak Kik Bio di Surabaya jadi Muara Doa Kelancaran Usaha dan Rezeki

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Masyarakat Surabaya Utara nampak memanjatkan doa di Klenteng Pak Kik Bio di Jalan Jagalan, Pabean Cantikan untuk memperingati Hari Raya Imlek, Sabtu (10/1/2024) siang. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sekitar 500 masyarakat Surabaya Utara silih berganti melaksanakan ibadah di Klenteng Pak Kik Bio di Jalan Jagalan, Pabean Cantikan untuk memperingati Hari Raya Imlek, Sabtu (10/1/2024) siang.

Nanang Wirjanto Limantoro Ketua Klenteng Pak Kik Bio mengatakan, ibadah hari ini bermakna untuk menyambut kedatangan musim semi.

“Ibadah menyambut musim semi. Maknanya kalau kita yang istilahnya di Tiongkok ada pergantian musim. Masa musim tanam jadi kan di kita ada penanggalan petani,” ucapnya.

Maknanya sebagai pergantian musim tanam dengan harapan mendapat rezeki yang melimpah dan penuh keberkahan.

“Harapannya kita semua aman-aman, sehat-sehat, dilancarkan semua usaha, rezeki. Tidak ada kendala,” tuturnya.

Nanang menyatakan, ibadah bernama Yen Tan di klenteng yang dibangun pada 1951 itu sudah berlangsung sejak, Jumat (9/2/2024) kemarin, sampai pukul 00.00 WIB. Kemudian untuk peribadahan di hari ini perkiraan akan berlangsung sampai pukul 19.00 WIB

Ketua Klenteng Pak Kik Bio itu mengutarakan, pesan dan harapan umat Tiong Hoa di tahun Imlek 2024 ini adalah mewujudkan toleransi dan keguyuban.

“Pesannya supaya kita lebih toleransi, kita ada keguyuban, kerjasama, tanpa gesekan dan aman-aman aja,” katanya.

Sementara itu untuk pengamanan ibadah dan tahun baru Imlek 2024 pihak TNI-Polri saling bekerjasama untuk menjaga di sekitaran klenteng termasuk Klenteng Pak Kik Bio.

Letkol Infanteri Dharmawan Setyonugroho Komandan Kodim (Dandim) 0830/Surabaya Utara hari ini juga turut meninjau lokasi klenteng, bersama pihak Polsek Pabean Cantikan.

“Dalam rangka merayakan Imlek dari TNI dan Polri berkolaborasi tanpa diminta kita akan hadir karena kita diperlukan masyarakat dan salah satunya memberikan rasa aman dan nyaman khususnya yang Tionghoa untuk merayakan Imlek,” katanya.

Letkol Infanteri Dharmawan Setyonugroho Dandim 0830/Surabaya Utara waktu meninjau di Klenteng Pak Kik Bio di Jalan Jagalan, Pabean Cantikan, Sabtu (10/1/2024) siang. Foto: Wildan suarasurabaya.net

Dharmawan mengatakan pihaknya bersama unsur kepolisian menerjunkan personil di lima klenteng di Wilayah Surabaya untuk menjamin keamanan dan kondusifitas ibadah.

“Kalau dari kepolisian di tiap klenteng 10, kalau di dari TNI khususnya kodim 0830/Surabaya Utara 3-4 orang secara bergantian. Ada 5 klenteng di wilayah kami Surabaya Utara, di Perak dan Putat Gede,” tandasnya. (wld/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs