Jumat, 19 Juli 2024

PAL Indonesia Perkuat Hubungan dengan Denmark di Sektor Maritim dan Pertahanan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
PAL Indonesia saat menyambut kedatangan Duta Besar Denmark H.E Sten Frimodt Nielsen beserta jajaran di PT. PAL Indonesia yang berlokasi di Surabaya. Foto: PAL Indonesia

PT PAL Indonesia terus berkomitmen menjalin komunikasi dan meningkatkan kerja sama dengan Denmark untuk kemajuan bersama di sektor maritim dan pertahanan.

Penguatan kerja sama tersebut, dilakukan ketika PT PAL Indonesia menerima kunjungan Kedutaan Besar Denmark yang dipimpin oleh Dubes H.E Sten Frimodt Nielsen, beserta jajaran.

“Kami merasa terhormat menerima kunjungan dari H.E Sten Frimodt Nielsen dan delegasi Denmark. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memperdalam hubungan kami dan mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam industri maritim,” ujar Satriyo Bintoro SEVP TM PT PAL Indonesia dalam keterangan, Jumat (21/6/2024).

Satriyo mengatakan, Denmark dan Indonesia memiliki banyak kesamaan dalam hal kepentingan maritim, terutama untuk mendorong kemajuan di sektor pertahanan tersebut.

“Kami melihat banyak peluang untuk kerjasama yang saling menguntungkan, terutama dalam kemajuan industri maritim lewat PT PAL Indonesia” ucapnya.

Sementara itu, H.E Sten Frimodt Nielsen Dubes Denmark mengatakan, PAL Indonesia memiliki kapasitas yang besar dan struktur yang luar biasa

“Yang ingin saya ambil dari kunjungan hari ini, kita harus fokus pada keunggulan komparatif. Dari sisi keahlian kita, kita harus saling menguntungkan. Kami sangat kuat di beberapa bidang, PT PAL sangat kuat di bidangnya. Kita harus mencoba menggabungkan itu” tuturnya.

Seperti diketahui, kunjungan oleh H.E Sten Frimodt Nielsen Dubes Denmark untuk mempererat kerja sama komersial antara kedua belah pihak tersebut, merupakan yang pertama kalinya ke Surabaya, khususnya ke PT PAL Indonesia.

Kunjungan itu, juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Duta Besar Denmark dengan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan RI yang membicarakan peningkatan kerja sama di bidang pertahanan.

Beberapa kerja sama industri di bidang maritim pertahanan yang sudah terjalin antara Indonesia dan Denmark yaitu melalui PT PAL dan Terma A/S Denmark dalam penyediaan combat system Kapal Cepat Rudal (KR) 60 M beserta equipment radar Kapal Bantu Rumah Sakit pada tahun 2018.

Selain itu, ada juga kerja sama antara PAL dan MAN Primeserv Academy Denmark di bidang pemenuhan pekerjaan ILS Shipcrew Training pada kapal SSV pesanan Angkatan Laut Filipina tahun 2016-2017 silam.(ris/iss/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs