Kamis, 2 Mei 2024

Pekan Kedua Ramadan, Masjid Rahmat Surabaya Tambah Porsi untuk Buka Gratis

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pembagian nasi untuk berbuka puasa di Masjid Rahmat Surabaya, Sabtu (23/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net Pembagian nasi untuk berbuka puasa di Masjid Rahmat Surabaya, Sabtu (23/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Masjid Rahmat Kembang Kuning yang berada di Jalan Kembang Kuning, Darmo, Surabaya, menambah jumlah porsi untuk buka puasa gratis karena semakin bertambahnya jemaah setiap harinya.

Sugeng Surdaryanto sebagai staff yayasan di Masjid Rahmat mengatakan, jika pada pekan kedua di bulan Ramadan ini para jemaah Masjid Rahmat semakin bertambah setiap harinya.

“Kami siapkan yang terbaik, kalau jemaahnya tambah, ya, kami usahakan porsi yang disediakan bertambah,” ucapnya saat ditemui suarasurabaya.net, Sabtu (23/3/2024).

Penambahan porsi, lanjutnya, bukan hanya dari pihak masjid. Beberapa masyarakat sekitar juga menyumbangkan nasi kotak untuk berbagi di bulan Ramadan ini.

“Pada awal Ramadan kami siapkan 250 hingga 300 porsi, di pekan ke dua Ramadan ini kami sudah pernah siapkan hingga 500 porsi setiap harinya,” jelasnya.

Ratusan kotak nasi untuk berbuka puasa gratis yang disiapkan Masjid Rahmat Surabaya, Sabtu (23/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net
Ratusan kotak nasi untuk berbuka puasa gratis yang disiapkan Masjid Rahmat Surabaya, Sabtu (23/3/2024). Foto: Firman Magang suarasurabaya.net

Selain menyiapkan takjil dan makanan untuk berbuka puasa, Masjid Rahmat juga mengadakan kuliah Zuhur. Kegiatan itu dilakukan setelah jamaah Salat Zuhur di bulan Ramadan

“Kegiatan kami juga banyak, terutama nanti di sepuluh hari terakhir Ramadan kami adakan juga qiyamul lail pada malam ganjil,” katanya.

Masjid Rahmat merupakan masjid tertua yang ada di Kota Surabaya, masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1967.

“Semua interior di dalam masjid belum ada yang diganti dari awal pembangunan dulu,” paparnya.

Masjid yang sudah ada sejak jaman Sunan Ampel ini, dulu bernama Langgar Tiban sebelum dilakukan pembangunan dan perubahan menjadi Masjid Rahmat seperti sekarang.

Masjid Rahmat sendiri sudah mendapatkan tanda Bangunan Cagar Budaya dari Pemerintah Kota Surabaya sebagai penunjang kawasan Kota Lama. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs