Rabu, 24 April 2024

Alvaro Bautista Juara Dunia World Superbike 2022 di Sirkuit Mandalika

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Alvaro Bautista pebalap asal Spanyol yang menjadi juara dunia, meski duduki posisi kedua pada Race 2 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022). Foto: Antara

Alvaro Bautista Pebalap Spanyol akhirnya dinobatkan sebagai juara dunia World Superbike (WSBK) 2022 meski duduki P2 pada Race 2 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (13/11/2022).

Pebalap Aruba.it Racing-Ducati itu gagal mengunci gelarnya di Race 1 setelah finis P2 dan kembali di belakang rivalnya Toprak Razgatlioglu. Sementara itu, pebalap asal Turki tersebut berhasil menyelesaikan misinya yaitu memenangi tiga balapan di Sirkuit Mandalika yaitu Race 1, Superpole Race dan Race 2.

Dikuyip dari Antara, balapan berlangsung dengan menarik sejak awal. Toprak, yang berada di pole position, bisa mempertahankan posisinya hingga Jonathan Rea Pebalap Kawasaki berhasil mendahuluinya di lap 2.

Bautista memulai balapan di P4 dan dia perlahan-lahan bisa menyalip Andrea Locatelli di lap 4 dan dua putaran kemudian dia bisa naik ke P2 usai melewati Rea.

Pebalap asal Spanyol itu kemudian mulai menekan Toprak di posisi terdepan, bahkan sempat menyalipnya di tikungan 1 pada lap 13.

Toprak, yang mempunyai misi pribadi di Mandalika, belum mau menyerah dan akhirnya bisa mengambil kembali P1 di 6 lap terakhir.

Hingga akhir balapan Toprak mampu mempertahankan kemenangan di Race 2 WSBK Mandalika 2022 diikuti Bautista yang berhasil finis kedua serta Jonathan Rea yang melengkapi podium setelah finis peringkat 3.

Bautista memastikan gelar juara dunia WSBK 2022 di Mandalika setelah keunggulan 68 poin. Toprak tidak mampu mengejar poin Bautista dengan satu seri tersisa di Philip Island, Australia.

Hasil ini membuat Bautista mengoleksi 553 poin di puncak klasemen WSBK 2022. Sementara Toprak berhasil menjuarai 3 balapan di Mandalika dan sekarang berada di posisi kedua dengan 485 poin.

Berikut 6 pebalap teratas Race 2 WSBK Mandalika 2022:

1. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK) dengan lap tercepat – 1’32.708
2. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing – Ducati)
3. Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK)
4. Andrea Locatelli (Pata Yamaha with Brixx WorldSBK)
5. Axel Bassani (Motocorsa Racing)
6. Scott Redding (BMW Motorrad WorldSBK Team).(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs