Sabtu, 20 April 2024

Kemenhub Telah Akomodasi Semua Moda Transportasi Selama Gelaran MotoGP Mandalika

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Budi Karya Sumadi (putih) bersama dengan jajaran terkait, melakukan Konferensi Pers di Venue MotoGP Mandalika, Jumat (18/3/2022). Foto: Dimas Suara Surabaya Media

Kementerian Perhubungan akan memastikan moda transportasi selama gelaran MotoGP Mandalika yang berlangsung selama tiga hari ke depan, yakni 18-20 Maret 2022 berjalan aman.

Hal ini disampaikan oleh Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan saat meninjau Command Center di Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (18/3/2022), untuk memastikan kelancaran event berskala internasional tersebut. Menhub mengatakan, kurang lebih terdapat 100 penerbangan yang akan tiba di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), selama pergelaran MotoGP Mandalika.

“Kita memang memberikan pergerakan khusus bagi penerbangan terutama di tiga hari ini. Penerbangan yang akan tiba kurang lebih ada 100, dan itu ditandai dengan pesawat-pesawat yang lebih besar. Biasanya menggunakan ATR menjadi narrow body, dan sekarang menggunakan wide body, sehingga kapasitas yang akan datang ke Mandalika bertambah,” ujarnya.

Terdapat tiga titik utama kedatangan penonton MotoGP ke Lombok, yakni dari Jakarta, Surabaya, dan Bali. Kedatangan dari Jakarta dan Surabaya sudah terjadi sejak hari Kamis (17/3/2022) dan hingga hari ketiga balapan pada Minggu (20/3/2022).

Di Bali akan tetap ada serangkaian penerbangan setiap harinya, karena banyaknya penonton MotoGP yang menginap dan transit terlebih dahulu di Pulau Dewata. Menhub juga menjelaskan akan ada penerbangan dari Makasar juga, meskipun jumlahnya tidak terlalu besar.

Sementara itu, Novi Rianto Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub menjelaskan, Kemenhub secara detil telah mempersiapkan total keseluruhan penerbangan dengan kapasitas 29.300

“Harapannya bisa mengcover masyarakat kita yang ingin bepergian ke event ini. Pesannya tetap, prokes harus dilaksanakan secara konsisten biar event ini tidak ada dampak buruk ke penyebaran Covid,” tandasnya.

Selain pergerakan udara, Kementerian Perhubungan juga telah menyiapkan jalur laut dengan kapal dari Padang Bae Bali menuju Pelabuhan Lembar dan Gili Mas.

Untuk pergerakan darat disediakan pula angkutan dari Bandara Lombok menuju Mandalika. Selain itu, ada juga dari Bandara Lombok menuju beberapa titik. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
34o
Kurs