Jumat, 19 April 2024

Klasemen Akhir Grup D, Australia Wakil Asia Pertama ke 16 Besar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Aziz Behich pemain Australia dan rekan-rekan satu tim merayakan keberhasilan mereka masuk 16 besar setelah memenangkan pertandingan melawan Denmark di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Qatar, Kamis (30/11/2022). Foto: Reuters

Australia yang menjadi salah satu wakil Asia (AFC) dan Tunisia membuat kejutan besar dengan sama-sama meraih kemenangan lawan tim unggulan, dalam pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Dunia 2022.

Namun mereka berbeda nasib setelah mencetak kemenangan bersejarah itu, dalam pertandingan Rabu (30/11/2022) malam dan Kamis (1/12/2022) dini hari itu.

Kalau kemenangan 1-0 Australia atas Denmark berhasil mengantarkan mereka ke babak 16 besar setelah finis urutan kedua dengan enam poin, maka kemenangan besar Tunisia atas juara bertahan Prancis dengan skor sama tak bisa mengantarkan mereka lolos fase grup.

Melansir Antara, dua tim yang dianggap tim-tim lemah di Grup D ini tampil cemerlang pada pertandingan terakhirnya untuk menjungkalkan Prancis dan Denmark, yang menjadi kekuatan besar sepak bola dunia dan Eropa. Untuk diketahui, setahun lalu Denmark adalah semifinalis Euro 2020.

Tapi hasil kedua pertandingan ini tak mempengaruhi posisi Prancis sebagai juara Grup D yang punya poin sama dengan Australia, yakni enam poin. Les Bleus menang selisih gol.

Sementara Tunisia finis pada posisi ketiga dengan empat poin setelah sekali menang, sekali seri dan sekali kalah. Sedangkan Denmark yang difavoritkan menjadi pendamping Prancis ke 16 besar, menduduki urutan terakhir dengan satu poin setelah dua kali kalah dan sekali seri.

Australia menjadi wakil AFC (Asia) pertama yang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. Gol tunggal Mathew Leckie membuat mereka mengulangi pencapaian serupa pada Piala Dunia 2006.

Dua wakil Asia lainnya sudah tersingkir dari turnamen ini, yakni tuan rumah Qatar dan Iran, sedangkan dua lainnya, yakni Jepang dan Korea Selatan, berpotensi menyusul sukses Australia. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs