Senin, 20 Mei 2024

PDIP Surabaya Buka Pendaftaran Calon Wali Kota, Syarat Utama Harus Kader Partai

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Wisnu Sakti Buana Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Jatim dalam rapat Kooridnasi Cabang PDI Perjuangan di Gedung Wanita Kalibokor, Rabu (4/9/2019). Foto: Istimewa

PDI Perjuangan Surabaya mulai membuka pendaftaran bakal Calon Wali Kota dan Wakil Walikota Surabaya 2020. Pendaftaran dilakukan tertutup, hanya untuk internal partai. Syarat utamanya harus kader partai atau orang yang memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) partai.

Adi Sutarwijono Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Surabaya mengatakan, sistem pendaftaran Calon Wal Kota dan Wakil Wali Kota dilakukan tertutup karena perolehan suara PDIP Surabaya di Pemilu 2019 di atas 25 persen. Sesuai peraturan PDIP No. 24 tahun 2019, sistem perekrutannya maka berlangsung tertutup.

“Hanya membuka pendaftaran di internal partai, termasuk syarat-syaratnya tidak kami publikasi secara luas,” kata pria yang akrab disapa Awi ini saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (5/9/2019).

Awi mengatakan, dalam Rakorcab di Gedung Wanita Kalibokor, Rabu 4 September, dijelaskan oleh Wisnu Sakti Buana Ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Jatim, kalau perekrutan ini berlaku bagi mereka yang memiliki keanggotaan resmi partai.

“Kemarin dijelaskan oleh Pak Wisnu di rapat koordinasi cabang, pendaftaran dibuka khusus bagi mereka yang memegang kartu anggota (KTA),” katanya.

Terkait apakah Whisnu Sakti Buana bakal diusung sebagai calon tunggal, Awi mengatakan DPC masih menunggu syarat pendaftaran dulu. Siapapun yang mendaftar nanti akan masuk penjaringan.

“Nanti proses pendaftaran tetap dilakukan sesuai mekanisme partai,” katanya. (bid/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs