Minggu, 28 April 2024

Komisi VII DPR Minta Pertamina Audit Seluruh Kilang dan Depo BBM

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kilang Pertamina RU II Dumai. Foto: Antara/ Pertamina

Eddy Soeparno Wakil Ketua Komisi VII DPR RI mendesak Pertamina untuk mengaudit seluruh kilang minyak dan depo BBM.

Hal tersebut disampaikan terkait meledaknya kilang Pertamina di Dumai, Riau pada Sabtu (2/4/2023) malam kemarin.

“Belum sebulan Depo Plumpang terbakar, sekarang ledakan terjadi lagi di Kilang Dumai,” kata Eddy dalam keterangan tertulis yang diktuip Antara di Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Menurut dia, kejadian berulang di berbagai tempat itu dapat diduga ada masalah sistemik dalam operasional Pertamina, yang harus dibenahi segera.

“Pertamina harus lakukan audit investigasi dan audit keselamatan secepatnya. Bukan hanya pada Plumpang atau Dumai, tapi seluruh kilang dan Depo Pertamina seluruh Indonesia,” tegasnya.

Dia juga meminta agar Perusahaan BUMN itu tidak berdalih soal ledakan dan kebakaran di Dumai yang diklaim cepat teratasi.

“Pemadaman cepat penting, tapi pertanyaannya adalah kenapa sampai terjadi ledakan. Siapa yang lalai atau sistem apa yang tidak bekerja hingga meledak. Ini harus ditemukan segera penyebabnya, agar tidak terjadi pada kilang dan Depo Pertamina lain,” tutur Eddy.

Wakil Ketua Komisi VII itu juga meminta Pertamina bertanggungjawab atas korban luka yang dibawa ke rumah sakit, dan warga sekitar Kilang Dumai yang terdampak ledakan ini

“Tanggung jawab penuh Pertamina terhadap korban luka dan rumah warga yang rusak serta plafon masjid yang runtuh akibat ledakan Kilang Dumai ini. Sekali lagi, pastikan tidak ada kejadian serupa terulang,” harapnya. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs