Kamis, 2 Mei 2024

KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan Tiga Bacapres-Bacawapres Layak Jalankan Tugas

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasyim Asy'ari Ketua KPU saat menerima berkas hasil tes kesehatan Bacapres-Bacawapres dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Jumat (27/10/2023). Foto : Antara

Setelah tiga pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden melakukan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta Pusat, KPU mengumumkan kalau ketiganya layak menjalankan tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Tiga Bacapres dan Bacawapres tersebut masing-masing Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Demikian disampaikan Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI seusai menerima berkas hasil tes kesehatan dari Letjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya Kepala RSPAD Gatot Soebroto, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

“Yang hadir pertama mendaftar di kantor KPU dan kemudian kesempatan pertama dilakukan pemeriksaan kesehatan yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa hasil pemeriksaannya mampu menjalankan tugas sebagai calon presiden dan wakil presiden. Kemudian yang kedua juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” ujar Hasyim.

Selanjutnya untuk hasil tes kesehatan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, tim dokter RSPAD Gatot Soebroto juga menyimpulkan keduanya mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wapres, serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Yang terakhir, kata Hasyim, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan keduanya juga mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden, serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Selanjutnya, KPU akan menetapkan pasangan calon presiden/wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024 pada 13 November 2023. Sementara pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon akan dilakukan pada 14 November 2023.

Masa kampanye dijadwalkan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian akan dilanjutkan masa tenang pada 11-13 Februari 2024, lalu pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs