Selasa, 30 April 2024

Re-Code Your Change DNA

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul : Re-Code Your Change DNA, Membebaskan Belenggu-belenggu untuk Meraih Keberanian dan Keberhasilan dalam Pembaharuan
Penulis : Rhenald Kasali PhD
Halaman : xviii + 248 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2007

Siapa yang bisa memimpin harus berani maju ke depan. Siapa yang mau berubah harus membuka pikirannya. Kalau tidak memimpin, kita harus sama-sama bergerak. Kalau memimpin tidak bisa, dipimpin tak mau ikut, silahkan duduk manis di tepi atau keluar sama sekali.

Buku ini ditulis di setiap perjalanan, namun diilhami dan didorong oleh sebuah inspirasi saat penulis menyepi bersama keluarga di padang rumput yang tandus di Benua Afrika. Saat itu, akhir Desember 2005. (Penulis)

Sinopsis :
Re-Code proses penyusunan kembali kode-kode sandi informasi yang berada pada molekul-molekul pembentuk sebuah organisasi, menjadi perhatian tersendiri bagi seorang Rhenald untuk mengembangkan konsep pemikiran.

Rhenald menekankan pentingnya proses Re-Code pada dua pilar penting yakni Re-Code manusia dan Re-Code organisasi. Kembali pada terminologi “belenggu”, Rhenald melihat cara berpikir manusia adalah terpenting.

Untuk memaparkan Re-Code, Rhenald memberikan banyak ilustrasi sehingga menjadi lebih mudah dipahami. Buku ini mengandung empat hal yakni cerita (kasus), konsep (teori), strategi dan filosofi.

Faktor lain dalam proses Re-Code, adalah Change DNA. Seperti disebutkan Rhenald di halaman 56, bahwa tokoh-tokoh besar (the greates) yang menciptakan pembaharuan ternyata memiliki karakter-karakter tertentu yang disebut change DNA. “Mereka memiliki kadar Ocean yang tinggi dan memiliki pola pikir yang berbeda dengan rata-rata manajer biasa, yang hanya menjaga sistem dan aturan-aturan yang ada,”demikian tutur Rhenald.

Rhenald juga mengingatkan bahwa perubahan pada umumnya tidak dapat dicapai dalam tempo yang singkat. Untuk itu penting bagi pemimpin untuk memberikan kemenangan-kemenangan ‘antara’ para pengikut mengetahui di mana mereka berada dan terus bersemangat mencapai tujuan.

Deskripsi :
Rhenald Kasali berhasil mengumpulkan tiga hal dari pengalaman hidup yang dialami selama melakukan kunjungan ke berbagai penjuru dunia. Tiga hal tersebut, kejadian-kejadian lepas yang dia temukan, berita-berita atau liputan media massa dan kepemimpinan para pembaharu baik yang masih hidup maupun yang sudah lama tiada.

Kumpulan mozaik itu mampu dirangkai dalam sebuah pola yang bisa kita baca dan kita gunakan demi kemaslahatan manusia. Buku ini merupakan buku yang akan memberikan kita sebuah inspirasi, sebuah guidance untuk memperbaiki diri, memperkuat diri dalam menghadapi persaingan hidup yang kian keras.

Buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang ingin melakukan perubahan hidup. Dengan Re-Code karya Rhenald, setidaknya kita akan mendapatkan wawasan yang berbeda jika dibandingkan buku-buku inspirasi lainnya.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs