Jumat, 29 Mei 2020

Logistik Pemilu Siap Didistribusikan Senin Besok

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, Senin (10/2/2014) siap untuk didistribusikan ke Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur. Andry Dewanto Ahmad Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim saat dihubungi Radio Suara Surabaya mengatakan, saat ini yang siap untuk didistribusikan adalah bilik ataupun kotak suara yang berbahan kardus.

“Senin besok kami siap untuk mendistribusikan bilik atapun kotak suara, untuk tambahan bilik suara yang mengalami kerusakan atau hilang di seluruh kabupaten/kota di Jatim,” kata Andry, Minggu (9/2/2014).

Dia menambahkan, bilik atapun kotak suara yang berbahan kardus diharapkan tidak akan menjadi masalah, karena spesifikasi tersebut yang menentukan KPU RI.

“Kita di Provinsi hanya diberi tugas untuk memproduksi berdasartkan spesifikasi dan jumlah yang diminta KPU kabupaten/kota atas kekurangan dari bilik dan kotak suara yang sudah tersedia. Jumlahnya cukup banyak, hingga ribuan,” ujarnya.

Selain bilik dan kotak suara, kata dia, KPU Provinsi Jatim mendapatkan tugas untuk memproduksi sampul dan formulir untuk pemungutan dan penghitungan suara ditingkat provinsi dan Kabupaten/Kota. “Untuk surat suara baik DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di produksi KPU RI. Distribusinya juga mereka,” kata Andry.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jawa Timur, saat ini mengalami kenaikan 10 persen jika dibandingkan saat pemlihan Gubernur yang lalu. “DPT mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu banyak, jumlah total DPT mencapi 30 juta lebih sedikit,” kata dia.

Disinggung mengenai daerah rawan konflik, Andry mengatakan, pemetaan daerah rawan konflik sudah dikoordinasi dengan Polda Jatim beberapa waktu lalu. Terdapat beberapa daerah rawan terutama di kawasan tapal kuda.

“Jatim itu katanya daerah rawan konflik, tapi coba bandingkan dengan daerah-daerah lain, Jatim itu paling punya solusi. Apapun dinamika yang terjadi di Jatim akhirnya selesai begitu diputuskan di Pengadilan, tidak sampai terjadi kekerasan politik,” pungkasnya. (wak/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Widya Qhodarum M.S

Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Jumat, 29 Mei 2020
27o
Kurs