Kamis, 9 Februari 2023

Ajari Anak Menabung, Biasakan Kelola Keuangan Sejak Dini

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana Festival Menghias Celengan yang diikuti oleh ratusan anak usia dini, pada Sabtu (26/11/2022) di Surabaya. Foto: Risky suarasurabaya.net

Iis Hendro Gunawan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Surabaya mengajak para orang tua agar mendidik anak dengan menabung sejak dini.

“Mendidik anak harus sesuai dengan generasinya, karena ini adalah era milenial, era teknologi, kita tidak bisa lepas dari moderenisasi. Nah, untuk perencanaan keuangan itu salah satunya adalah bagaimana kita memberikan edukasi menabung sejak dini,” ucapnya di Surabaya, Sabtu (26/11/2022).

Ia mengatakan, bahwa kehidupan ke depan akan membutuhkan banyak biaya, dan untuk mengatasinya yakni dengan mengajari anak hemat dan menabung.

Menurutnya, edukasi keuangan bukan hanya tentang menanggulangi, tetapi juga merencanakan.

“Karena kita ini manusia homo sapiens, yang membedakan kita dengan yang lain adalah kita tidak hanya bertahan dan tidak hanya berjuang, tapi kita juga merencanakan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan, sebagai orang tua, menyiapkan edukasi keuangan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan sejak dini, agar ketika tumbuh dewasa, menabung menjadi kebiasaan yang melekat.

“Selayaknya sebagai orang tua untuk persiapan anak-anak di masa yang akan datang. Harus dipersiapkan dari sisi keuangan, dari sisi skill, dan dari sisi keamanan anak-anak, agar nanti masa depannya bisa tercapai dengan baik,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga sepakat dengan acara edukasi menabung khusus untuk anak, salah satunya yakni acara Kids Festival Menghias Celengan, yang diadakan hari in di Surabaya.

“Celengan adalah simbol dari menabung, meskipun sekarang sudah tidak ada relevansinya menabung di celengan karena tidak aman bisa pecah segala macam, tetapi ketika anak anak sudah mulai belajar mereka akan terbisa menabung,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya acara tersebut orang tua dapat secara konsisten mendidik anak mengenai pentingnya mengolah keuangan.

“Usia nol sampai dengan 12 tahun pertama, itulah kiranya masa golden anak-anak untuk bisa dirangsang dan dikembangkan supaya transformasi anak untuk menyukai menabung itu bisa berdampak baik,” pungkasnya.(ris/iss)

Berita Terkait