Selasa, 5 Juli 2022

Ini Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Makanan yang dibakar salah satu yang harus dihindari oleh penderta kanker. Foto: Istimewa

Kanker merupakan penyakit yang menyebabkan kematian utama di seluruh dunia. Salah satu pemicu kanker adalah makanan karena itu, menjauhi makanan pemicu kanker jadi salah satu solusinya.

Elda Puspa Rustantri, Ahli Gizi RS Adi Husada Undaan Wetan Surabaya mengatakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker adalah makanan yang dibakar atau yang terlalu panas. Makanan yang dibakar akan membentuk senyawa karsinogenik.

“Senyawa karsinogenik ini bernama heterocyclic amines (HCA). Selain itu, senyawa lain, polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH) juga bisa terbentuk dan meningkatkan risiko kanker,” jelasnya kepada Suara Surabaya.net

HCA dan PAH mulai terbentuk ketika suhu pembakaran mencapai 100 derajat celcius dan bisa menjadi lebih berbahaya saat suhu mencapai 300 derajat Celcius. HCA dan PAH dapat merusak komposisi DNA dalam gen, sehingga dapat memicu perkembangan sel kanker.

“Itu kenapa makanan yang dibakar atau terlalu panas tidak boleh dikonsumsi penderita kanker,” jelasnya.

Penderita kanker,lanjut Helda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang dihangatkan berulang kali. Bahaya makanan dihangatkan lebih dari satu kali dapat mengubah zat pada makanan menjadi karsinogenik yang memicu sel kanker.

“Sebaiknya makanannya yang diolah untuk satu hari itu tanpa perlu dihangatkan lagi,” sarannya.

Dikatakan Elda, penderita kanker sangat dianjurkan untuk mengonsumsi mengonsumsi buah, sayur-sayuran, gandum utuh seperti nasi merah atau roti gandum dan protein sehat seperti ayam, ikan, atau kacang-kacangan. (man/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
27o
Kurs