Jumat, 10 Mei 2024

Mendampingi Anak Bermain Gadget Tanpa Rasa Was-was

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi anak menggunakan Hand Phone. Foto: Pixabay

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat masalah gadget pada anak tidak pernah usai dan menimbulkan keresahan tersendiri bagi orang tua. Terlebih lagi selama pandemi membuat anak-anak harus sekolah secara daring, dan membutuhkan gadget yang canggih. Sehingga peran orang tua makin diperlukan dari sisi pengawasan dan pendampingan.

“Dengan adanya gadget, orang tua harus mendampingi anak-anaknya dan diberi pemahaman kapan gadget tersebut digunakan dan manfaatnya apa saja. Hal ini diibaratkan seperti dua sisi pisau yang tajam dan tumpul, ini tergantung pada cara orang tua,” jelas Widji Lestari, Psikolog, saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Widji, orang tua juga harus bisa menyesuaikan dengan anaknya yang lebih canggih menggunakan gadget, supaya bisa memantau apa saja yang dilakukan anak-anak ketika bermedia sosial.

“Kecanggihan gadget anak dengan orang tua minimal harus sama, agar mereka bisa mengawasi tanpa adanya rasa khawatir,” jelasnya.

Ia menambahkan, orang tua bisa mengikuti setiap media sosial yang dimiliki sang anak, dan tetap menghormati haknya dalam pengelolaan gadget.

Sementara itu, orang tua juga harus memahami cara untuk memfilter konten mana saja yang bisa diakses anak. Orang tua juga bisa memberi pemahaman untuk segera menutup iklan yang tidak sepantasnya.

“Ini memerlukan bekal agama yang kuat agar anak bisa dibangun secara positif. Selain itu komunikasi yang baik antara orang tua dengan anak dan pola asuh orang tua menjadi sangat penting, sehingga mereka bisa membangun dirinya sendiri,” jelas Widji.

Dengan adanya pendampingan dari orang tua seperti ini, Widji berharap kasus pembulian dan kekerasan pada anak yang juga dilakukan oleh sebayanya bisa berkurang. Anak-anak juga diharapkan bisa memahami dengan baik penggunaan gadget agar tidak melangkah ke hal-hal negatif.(des/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs