Rabu, 24 April 2024

Workshop Kedua SS Muda, Menulis Harus Diimbangi dengan Membaca

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Denza Perdana Reporter Suara Surabaya dalam workshop kedua Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3 di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Sabtu (23/11/2019). Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Menulis harus diimbangi dengan membaca. Ini disampaikan Denza Perdana Reporter Suara Surabaya dalam workshop kedua Suara Surabaya Muda (SS Muda) Batch 3 di Kantor Suara Surabaya Media, Surabaya pada Sabtu (23/11/2019).

Ia menjelaskan, seorang jurnalis tidak boleh hanya menulis berita saja. Tapi juga membaca berita dari media massa lain dan sumber-sumber terkait. Denza menjelaskan, cara ini berguna untuk memperkaya pemahaman jurnalis pada isu yang akan ditulis.

Dalam workshop ini, Denza juga menekankan pentingnya verifikasi bagi jurnalis. Jurnalis harus mampu menjadi verifikator bagi informasi simpang siur yang ada pada masyarakat.

“Tugas wartawan memverifikasi. Jika ada kabar-kabar hoax di masyarakat,” kata Denza saat mengisi materi di Workshop Kedua SS Muda Batch 3 pada Sabtu (23/11/2019).

Pada kesempatan ini, Denza juga memberikan pengetahuan dasar menulis berita sebagai panduan pelajar SS Muda. Ia mengajarkan mengenai struktur berita, keharusan memasukkan unsur 5W+1H pada berita, hingga kewajiban menjunjung tinggi fakta bagi wartawan.

Materi ini menjadi materi terakhir pada workshop kedua SS Muda Batch 3. Sebelumnya, para pelajar ini juga belajar proses produksi media massa lain, seperti radio, fotografi, dan televisi. (bas/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs