Minggu, 28 April 2024

Minyak Turun di Awal Perdagangan Asia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
ilustrasi harga minyak turun, Foto: Pixabay

Harga minyak jatuh di awal perdagangan Asia pada Senin pagi, turun dari kenaikan pekan lalu ketika pertanyaan tentang ekonomi China melebihi pengurangan produksi OPEC+ dan penurunan ketujuh berturut-turut dalam jumlah rig minyak dan gas yang beroperasi di Amerika Serikat.

Melansir pada Antara, minyak mentah berjangka Brent kehilangan 68 sen menjadi diperdagangkan di 75,93 dolar AS per barel pada pukul 00.42 GMT, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 59 sen menjadi diperdagangkan pada 71,19 dolar AS per barel.

Pekan lalu, Brent membukukan kenaikan 2,4 persen dan WTI terangkat 2,3 persen.

Sejumlah bank besar telah memangkas perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) China 2023 setelah data Mei pekan lalu menunjukkan pemulihan pasca-COVID di ekonomi terbesar kedua dunia itu goyah.

China akan meluncurkan lebih banyak dukungan stimulus untuk ekonominya yang melambat tahun ini, sumber mengatakan kepada Reuters, tetapi kekhawatiran atas utang dan pelarian modal akan membuat langkah-langkah yang ditargetkan menopang permintaan yang lemah di sektor konsumen dan swasta.

Namun, throughput (tingkat pengolahan) kilang China naik pada Mei ke rekor tertinggi kedua, membantu meningkatkan keuntungan minggu lalu, dan perusahaan-perusahaan energi AS memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang berfungsi selama tujuh minggu berturut-turut untuk pertama kalinya sejak Juli 2020.

Jumlah rig minyak dan gas, indikator awal produksi masa depan, turun 8 menjadi 687 dalam seminggu hingga 16 Juni, terendah sejak April 2022..

Pemotongan produksi sukarela yang diterapkan pada Mei oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, ditambah pemotongan tambahan oleh Arab Saudi pada Juli, juga mendukung harga minyak.

“Ada juga sinyal bahwa musim mengemudi AS akan membawa permintaan yang kuat,” kata ANZ Research dalam sebuah catatan, menunjukkan bahwa permintaan bensin AS naik menjadi 9,24 juta barel per hari pekan lalu, level tertinggi sejak Desember 2021. (ant/dvn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs