Sabtu, 26 November 2022

Mobil Hias Semarakkan Surabaya Vaganza di Jalan Gubernur Suryo

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Salah satu peserta Parade Budaya dan Bunga Surabaya Vaganza di Jalan Gubernur Suryo pada Minggu (6/5/2018) pagi. Foto: Denza suarasurabaya.net

Parade Budaya dan Bunga untuk meriahkan Hari Jadi ke-725 Kota Surabaya tahun 2018 ini bertransformasi menjadi Surabaya Vaganza.

Hidayat Syah Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya kemarin mengatakan, Nama Surabaya Vaganza dipilih agar lebih mudah diingat, baik oleh khalayak nasional maupun internasional.

Ajang yang sama dengan nama yang berbeda, yang digelar hari ini, melibatkan 83 peserta baik marching band maupun mobil hias.

Berdasarkan pantauan di Jalan Gubernur Suryo pada Minggu (6/5/2018) pagi, melintas peserta mobil hias nomor urut 46 dari Universitas Hang Tuah Surabaya.

Di awal tadi ada beberapa mobil hias, baik dari Bank Mandiri, Telkomsel, Universitas Airlangga, dan SMA Katolik Frateran.

Yang cukup menarik, desain mobil hias Praja Muda Karana atau Pramuka Surabaya. Mobil hias itu memadukan dua boneka ukuran besar berpakaian Pramuka dengan rangkaian bunga-bunga.

Selain itu, kendaraan hias dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau juga cukup menarik. Ada miniatur taman di atas kendaraan tersebut.

Sebelumnya ada marching band dari Politeknik Penerbangan dan Politeknik Perkapalan yang cukup memukau para pengunjung.

Surabaya Vaganza kali ini juga ditonton wali kota dari 15 kota di 8 negara Asia Pasifik. Selain itu juga ditonton pejabat daerah di Indonesia.

Setelah diberangkatkan dari Jalan Pahlawan, parade budaya dan mobil hias bunga melewati Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Panglima Sudirman dan finish di Jalan Raya Darmo di Taman Bungkul.

Warga Surabaya beramai-ramai mengajak teman dan keluarganya menonton di sepanjang Jalan Gubernur Suryo.

Pihak kepolisian mengimbau agar masyarakat tidak parkir sembarangan.

Kalau ada warga yang parkir di trotoar atau tidak di tempat kantung parkir akan ditilang.

Kantung parkir untuk pengunjung sudah disediakan di Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Johar, dan Pasar Besar Wetan.

Ada juga di Jl. Marmoyo, Jl. Darmokali, Jl. Juwono, Jl. Serayu, Jl. Tanggulangin, Jl. Setail, dan parkir KBS.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Sabtu, 26 November 2022
26o
Kurs